Manfaat Ngeblog Bagi Penulis

Penulis tak hanya punya kewajiban menulis tapi juga membaca. Membaca buku bermanfaat untuk menambah wawasan agar tulisan lebih bernas sekaligus mempertajam keluwesan berbahasa. Selain itu, manfaat ngeblog bagi penulis tak bisa dipandang sebelah mata. Selama sepuluh tahun terakhir blog tetap menunjukkan eksistensi sebagai sumber bacaan warganet, terutama berkaitan dengan tema sehari-hari atau pengalaman pribadi.

Blog masih dilirik lantaran menawarkan sudut pandang berbeda dibanding sumber-sumber lain di jagat maya seperti media online yang punya kecenderungan berpihak. Dengan memiliki blog, akan banyak yang bisa penulis petik apalagi jika ia konsisten memperbarui tulisan di rumah maya tersebut.

Manfaat ngeblog bagi penulis

Mengapa seorang penulis harus memiliki blog bukan lagi pertanyaan yang perlu dijawab. Beberapa manfaat berikut akan menegaskan perlunya penulis ngeblog secara konsisten dibarengi dengan peningkatan mutu tulisan.

  1. Praktik menulis

Secara otomatis, menulis di blog akan mengasah kemampuan penulis dalam merangkai kata-kata. Sebagai bloger, penulis mau tak mau akan terpogram untuk terus menulis secara rutin, apalagi jika telah memiliki basis pembaca yang loyal.

Baca juga: Manfaat Menerbitkan Buku Bagi Guru dan Dosen

  1. Terapi antistres

Ngeblog dapat membantu penulis terhindar dari writer’s block karena lewat blog ia bisa bercerita apa saja. Blog menjadi wadah bagi penulis untuk menuangkan unek-unek yang tak mungkin dituturkan dalam bukunya. Hal-hal sepele atau remeh bisa melepaskan ketegangan sehingga pikirannya semakin rileks. Ngeblog, dalam hal ini, berpotensi menurunkan kadar stres. 

  1. Memperluas jaringan

Manfaat ngeblog bagi penulis yang tak kalah penting adalah bertambahnya jaringan. Lewat blog, penulis bisa memperluas lingkaran pertemanan dan jaringan perkenalan berkat interaksi dengan pembaca atau sesama bloger. Lewat konsistensi ngeblog, penulis bahkan bisa menjalin koneksi dengan penulis lain dari beragam latar belakang. Ini potensial membangun kerja sama dan pengembangan karya di masa depan.

  1. Showcase karya

Blog bisa dimanfaatkan untuk memamerkan karya atau kemampuan yang kita kuasai. Pamer di sini tentu berkonotasi positif yakni sebagai wadah untuk terus melecut diri agar dapat menampilkan karya kreatif terbaik. Portofolio ini pada gilirannya akan menemukan pembaca atau penerbit yang bisa mengakselerasi karier profesional kita.

  1. Memasarkan buku

Layaknya profesi lain, penulis ingin buku-bukunya laris sebagai produk kreatif yang ia hasilkan. Melalui aktivitas ngeblog, ia dapat menjajakan bukunya kepada pelanggan blog dan calon pembaca yang cakupannya sangat luas, bahkan nyaris tak terbatas. Beberapa penulis laris seperti Raditya Dika juga meraup manfaat berkat pembaca loyal yang telah berlangganan di blognya.

  1. Pendapatan sampingan
Konsisten ngeblog membawa banyak manfaat

Blog rupanya semakin dipercaya oleh brand atau produsen untuk mempromosikan barang/jasa mereka. Konsistensi dan kemauan belajar akan mengantarkan pada peluang ekonomi. Jika trafik blog tinggi dan basis pembaca besar, sebuah tulisan bisa dihargai cukup lumayan. Tentu saja tulisan yang sesuai dengan spirit blog yang bersangkutan.

Penulis yang cerdas harus mendayagunakan kecanggihan teknologi, salah satunya blog, untuk mendongkrak keterampilan menulis sekaligus melariskan buku-bukunya. Manfaat ngeblog bagi penulis bukan hanya memperkaya wawasan, tetapi juga  memperluas pertemanan yang berpotensi jadi pasar baru yang menjanjikan keuntungan ekonomi.

 

Tim Halaman Moeka

www.halamanmoeka.com | Jasa Penerbitan dan Percetakan Buku

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai penulis,...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

08 June 2020

*** Sabrina Febrianti, masih duduk di bangku...

29 April 2020

Halaman sebelumnya di: 10 Penulis Buku Indie...

28 April 2020

Bisakah penulis buku lewat penerbit indie sukses...

02 April 2020

Mengenal jenis kertas sepintas menjadi tugas...

19 March 2020

Jenis font yang sering dipakai dalam buku...

Our Facebook