Keuntungan Bagi yang Hobi Menulis

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi menulis sangat banyak. Mulai dari mengasah kemampuan berpikir, sarana berbagi, membuat jiwa lebih sehat hingga mendapatkan keuntungan finansial. Tidak jarang banyak penulis profesional yang membuat kelas menulis, seminar, webinar, maupun membentuk lembaga untuk mencetak penulis handal.

Memang tidak dapat dipungkiri, seseorang yang hobi menulis memiliki manfaat kesehatan jiwanya lebih terjaga. Hal ini dikarenakan kebiasaan menuangkan atau mengekspresikan segala macam pikiran dan perasaannya dalam bentuk tulisan. Sehingga membuat jiwa lebih plong dan tidak ada beban. Dikarenakan masalah yang dipikirkan diuraikan satu per satu.

Hobi menulis juga sebagai sarana menghasilkan uang. Banyak cara untuk membuat hobi menulis menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mulai dari mengirimkan tulisan ke media cetak maupun online, menjadi kontributor di sebuah majalah dan lain-lain. Menulis bisa sebagai alternatif passive income. Tentu hasilnya menggiurkan. Berikut beberapa keuntungan bagi yang hobi menulis.

Mengasah Kemampuan dalam Menuangkan Ide atau Gagasan

Kemampuan menuangkan ide atau gagasan menjadi lebih terasah dengan menulis. Hal tersebut karena kita mencoba memaparkan ide yang ada di dalam kepala. Misalnya ide mengenai cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak balita dengan permainan. Ide tersebut akan tetap berada di dalam kepala jika tidak dituangkan.

Namun jika ide cara belajar bahasa asing tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan, pikiran kita akan lebih terasa. Hal tersebut menjadi keuntungan bagi yang hobi menulis. Kita juga akan berpikir bagaimana menulisnya dengan runtut dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Mulai dari apa itu belajar bahasa Inggris dengan cara permainan, mengapa metode tersebut sesuai untuk anak balita hingga bagaimana melakukannya. Pikiran kita akan perlahan-lahan menguraikan gagasan tersebut. Sehingga diperoleh sebuah gagasan sistematis. Jika kita terbiasa menuangkan gagasan atau ide secara runtut, akan mudah menguraikan berbagai persoalan dalam diri.

Mengasah Kemampuan dalam Berpikir Kritis

Salah satu keuntungan bagi yang hobi menulis adalah mengasah otak kita agar senantiasa berpikir kritis. Misalnya kita ingin membuat tulisan mengenai solusi masalah pendidikan di Indonesia. Tentu kita akan mencari informasi terlebih dahulu berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia.

Jika tidak tahu betul masalah yang terjadi, mustahil bisa menemukan sebuah solusi. Lalu kita akan berpikir beberapa alternatif solusi. Selanjutnya juga menghitung kerealistisan solusi tersebut dengan memetakan sumber daya. Berbagai macam pemikiran kritis tersebut terlatih saat kita mencoba menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan.

Jika kita terbiasa menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, pikiran kita akan terbiasa kritis dalam menyikapi sesuatu. Seperti melihat masalah dalam berbagai sudut pandang. Sehingga pikiran kita akan lebih kaya solusi untuk memecahkan sebuah persoalan.

Mendapatkan Keuntungan Finansial dan Nonfinansial

Sudah tidak diragukan lagi bahwa keuntungan bagi yang hobi menulis adalah mendapatkan keuntungan finansial. Kita mengirimkan sebuah tulisan mengenai isu pendidikan di koran, lalu karya tulis tersebut berhasil dimuat di surat kabar tersebut, tentu kita akan mendapatkan uang.

Cara lain misalnya mengirimkan tulisan di media online, jika berhasil tayang kita juga akan mendapatkan reward. Pada umumnya jika tidak mendapatkan uang, perusahaan media akan memberikan reward berupa merchandise, goodie bag maupun seminar kepenulisan yang diisi oleh penulis profesional. Tentu hadiah finansial dan nonfinansial tersebut sangat berharga.

Tidak hanya itu, jika mengikuti kompetisi menulis dan berhasil memenangkannya, panitia akan memberikan reward berupa uang maupun hadiah lain. Tentu hal tersebut sangat membahagiakan. Apalagi jika mendapatkan berkah diajak kerja sama oleh sebuah brand untuk menulis mengenai review produk mereka.

Sarana Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan

Keuntungan bagi yang hobi menulis adalah sebagai sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan. Misalnya kita menulis mengenai pengalaman mengunjungi sebuah objek wisata. Kita bisa berbagi kepada orang lain bagaimana kondisi objek wisata tersebut, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sana hingga harga tiket maupun makanan.

Berbagi mengenai objek wisata yang dikunjungi kepada orang lain tentu sangat bermanfaat. Terutama bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut suatu hari nanti. Mereka memiliki gambaran apa saja yang harus disiapkan dan berapa dana yang dibutuhkan. Sehingga saat berwisata tidak kaget dan bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

Menulis juga sebagai sarana berbagi pengetahuan. Setelah kita belajar sesuatu atau membaca buku baru, kita bisa membagi pengetahuan tersebut kepada orang lain dalam bentuk artikel review. Hal tersebut akan membuat orang lain termotivasi, baik untuk belajar ilmu baru maupun semangat terus membaca untuk mendapatkan pengetahuan.

Menulis Membuat Jiwa Lebih Sehat

Menulis membuat jiwa lebih sehat dan hal tersebut juga sudah didukung dengan adanya penelitian. Jika kita menulis segala yang dipikirkan dan dirasakan, otak perlahan-lahan menguraikan berbagai macam persoalan. Pikiran menjadi lebih lega dan tidak ada beban. Sehingga selalu semangat dan siap menjalani berbagai aktivitas.

Kita bisa mencoba mengungkapkan pikiran dan perasaan ke dalam buku harian. Agar kita memiliki segala catatan peristiwa yang dialami. Sehingga bisa menjadi kenangan indah di masa depan. Berbagai keuntungan bagi yang hobi menulis seharusnya tidak membuat Anda ragu untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan.

 

Tim HalamanMoeka.com

 

Baca juga:

10 Manfaat Membaca Bagi Penulis
Apa Saja yang Wajib Dimiliki Penulis

Artikel Terbaru

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?