CARA MENJADI PRIBADI YANG MANDIRI

Banyak di antara kita yang mencari cara, bagaimana agar bisa mandiri? Kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah saya sudah cukup mandiri? Jawabannya tidak mudah, tetapi menjadi mandiri adalah hal yang sangat berharga. Menjadi mandiri, kita akan lebih bisa mengeksplorasi diri sendiri, dan melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya, membuat kita lebih kuat dan lebih tangguh. Menjadi mandiri, berarti menjadi diri kita sepenuhnya.

Menjadi mandiri bisa jadi sebuah petualangan yang menantang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata kemandirian diartikan dengan hal atau keadaan seseorang yang dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung kepada orang lain. Kata mandiri memiliki persamaan dengan berdikari dan independen.

Mandiri berarti mampu melakukan sesuatu sendiri, memiliki kemampuan untuk berpikir dan membuat keputusan sendiri tanpa terlalu bergantung pada pendapat orang lain. Orang mandiri mampu mempertahankan keyakinannya untuk menjalani kehidupannya, walau mereka kadang lebih sering sendirian. Itu bukan berarti, kita harus mengurangi kebersamaan dengan orang-orang di sekitar kita.

Manusia adalah makhluk sosial, kita perlu berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain agar berfungsi sepenuhnya dalam kehidupan. Terkadang kita juga perlu bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, jika kita terlalu bergantung pada orang lain, kita mungkin kehilangan kesadaran diri dan tidak mampu melakukan sesuatu, jika tidak ada bantuan dan dukungan dari orang lain. Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan dengan belajar untuk memiliki kemandirian sekaligus sambil menjaga hubungan kita dengan teman dan keluarga.

Ingatlah bahwa orang tua, sabahat, dan teman mungkin tidak selalu ada saat kita membutuhkan bantuan, jadi mandiri dapat menyelamatkan langkah kita. Jadi bagaimana seseorang bisa belajar mandiri dalam hidup? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Baca juga: Paket Hemat Jasa Penerbitan Buku

 

  1. MENGENALI DIRI KITA DENGAN LEBIH BAIK

Ketika seseorang bertanya siapa kalian, dapatkah menjawab pertanyaan itu tanpa bergantung pada apa yang orang lain katakan tentang kalian? Identitas atau siapa kita, itu bisa terbentuk dari bagaimana orang lain, bagaimana kita melihat dan berpikir tentang diri kita sendiri. Jangan mengandalkan sepenuhnya pendapat orang lain tentang identitas diri, karena saat seseorang mengubah pendapatnya tentang kita, kita bisa bingung tentang siapa diri kalian sebenarnya. Namun, jika  tahu siapa diri sendiri jauh di lubuk hati, kita tidak akan terguncang dan tidak peduli dengan apa yang orang lain katakan tentang kita. Jadi salah satu cara untuk menjadi lebih mandiri adalah mengenal diri sendiri dengan lebih baik dari sudut pandang sendiri. Kita dapat mencoba menghabiskan waktu sendirian untuk mencari tahu tujuan, hobi, hasrat, keyakinan, minat, dan kepribadian kita. Menganalisis diri sendiri juga bisa memberikan arahan jalan mana yang harus kita tempuh. Misalnya, saya suka pekerjaan seni, dan saya punya bakat di sana, saya bisa membuat lagu untuk menghasilkan uang. Saya tidak suka keramaian, lebih suka mengerjakan sesuatu sendiri. Saya tidak bisa berpikir cepat, saya harus hati-hati. Saya mudah tersinggung, karenanya saya juga akan berhati-hati jika berbicara dengan orang lain, saya menghargai mereka. Saya masih suka menunda pekerjaan, saya harus memperbaikinya. Saya berasal dari suku Asmat, Papua, saya harus bisa bergaul dengan siapapun. Dan hal-hal lain yang mencerminkan identitas diri kita.

 

  1. MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HARGA DIRI

Dua hal yang dapat memengaruhi kemandirian adalah tingkat kepercayaan diri dan harga diri seseorang. Tingkat yang lebih rendah dapat membuat orang lebih bergantung pada orang lain dan dengan demikian menghambat kemandirian. Kita akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu sendiri jika kita memiliki pendapat yang lebih tinggi tentang diri dan merasa percaya diri dengan keterampilan dan pengetahuan kita. Kepercayaan diri dan harga diri adalah dua hal yang dapat kita bangun seiring waktu. Jika kalian merasa kekurangan dalam hal-hal ini, ada cara bagaimana kalian bisa menaikkan levelnya. Salah satu caranya adalah dengan selalu menambah pengetahuan dan kemampuan kalian. Jangan berhenti belajar dan menambah skill. Cara lain juga bisa dilakukan dengan menguatkan mental kalian. Kami pernah membuat video bagaimana agar kita mempunyai mental yang kuat. Kalian bisa menontonnya di link berikut.

 

 

  1. AMBIL SIKAP, TINDAKAN, DAN PUTUSKAN SENDIRI

Saat harus membuat keputusan sendiri, mungkin sulit untuk mengambilnya tanpa menanyakan pendapat orang lain. Terkadang mendengarkan pendapat orang lain itu perlu untuk melihat sudut pandang yang berbeda. Namun, apa pun yang orang lain katakan, pada akhirnya, kitalah yang akan membuat keputusan. Tidak salah untuk mendengarkan pendapat dari orang lain, tetapi kita juga harus belajar bagaimana mengambil keputusan sendiri. Jika kita memiliki dasar keyakinan yang kuat, maka dengan mantap kita akan mengambil sikap dan memutuskan tanpa mengikuti perkataan orang lain. Memilih dan memutuskan untuk diri sendiri bisa menjadi pengalaman yang memuaskan, mengetahui bahwa kita memikirkan sesuatu sendiri dan memutuskan untuk mengejarnya.

Baca juga: TAK PERLU MEMBUKTIKAN DIRI KEPADA ORANG LAIN, INI ALASANNYA

 

  1. HABISKAN WAKTU DENGAN MENCOBA MELAKUKAN SESUATU SENDIRIAN

Kita tidak menganjurkan agar kalian menjadi penyendiri dalam hidup. Kadangkala, kita tidak dapat melakukan sesuatu sendiri dan merasa cemas ketika tidak ada yang menemani kita. Bagi sebagian orang, sulit untuk melakukan hal-hal berikut sendirian, seperti pergi jalan-jalan ke mall, makan di restoran, liburan ke luar kota, membuat sebuah keputusan, dan lain-lain.

Untuk mencapai kemandirian, kalian bisa mencoba menghabiskan waktu melakukan hobi atau kegemaran kalian secara sendirian. Mampu menikmati hal-hal sendiri dapat memberi kalian rasa kebebasan. Tekanan dari orang lain juga berkurang karena hanya kalianlah yang bisa mengatur apa yang akan kalian lakukan. Bisa jadi, kalian juga akan mendapatkan perspektif yang berbeda tentang berbagai hal, sekaligus mengenal diri kalian dengan lebih baik.

 

  1. TERIMA BANTUAN JIKA BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN

Tidak ada yang salah dengan bantu-membantu. Namun, menerima terlalu banyak bantuan dan dukungan dari orang lain dapat memanjakan diri kita, dan membuat kita tidak mampu memenuhi kebutuhan kita sendiri. Ada strategi dari beberapa orang tua yang membiarkan anak mereka melakukan beberapa hal, tanpa mencoba campur tangan, dengan tujuan agar anak dapat belajar mandiri.

Teman dan rekan kita mungkin tidak selalu ada untuk membantu, karena mereka juga perlu mengurus hal-hal dalam hidup mereka. Mintalah bantuan saat kalian benar-benar membutuhkannya, dan bekerjalah dengan orang lain jika tugasnya adalah aktivitas kelompok. Jika tidak, usahakan mengurus dan menyelesaikan pekerjaanmu sendiri dan lihat bagaimana hasilnya dengan kemandirian kalian.

 

  1. HAPUS PIKIRAN-PIKIRAN YANG MENGHALANGI UNTUK MELANGKAH MAJU

Salah satu alasan mengapa seseorang mungkin takut menjadi lebih mandiri, adalah karena adanya keyakinan yang membatasi. Seseorang mungkin berpikir bahwa mereka tidak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain. Pikiran-pikiran seperti, kamu gak bakalan mampu, kamu gak punya bakat, kamu orang yang kesepian, dan lain-lain, akan menghalangi kalian untuk berani melakukan sesuatu. Bila dibiarkan terus, ini bisa mencemaskan.

Keyakinan atau ketakutan yang membatasi hanyalah pikiran di kepala kita. Banyak sekali hal yang kita takutkan tapi nyatanya tidak benar-benar terjadi. Kita dapat melatih diri untuk mengatasinya dan menyadari bahwa, kita bisa dan mampu melakukan beberapa hal yang kita butuhkan, demi hidup kita sendiri.

Bergantung pada orang lain bukanlah hal yang buruk, tetapi terlalu banyak, dapat menyebabkan seseorang kehilangan pijakan saat bertindak dan membuat pilihan sendiri. Kemandirian dapat membuat seseorang berkembang ketika tidak ada yang dapat membantu kalian. Selain itu, menjadi mandiri memungkinkan kalian untuk menemukan lebih banyak tentang jati diri kalian, serta melihat apa yang mampu kalian lakukan. Seimbangkan waktu pribadi dan waktu sosial dengan orang lain.

Semoga kalian lebih siap menghadapi apa pun yang mungkin menghadang, dan mampu meraih hidup yang sejahtera. Menjalani hidup dengan tegak, mandiri, berdiri di atas kaki sendiri.

Tonton video berikut di sini:

 

Artikel Terbaru

08 May 2024

Memiliki sikap toleransi, adalah salah satu kunci...

07 May 2024

Banyak di antara kita yang mencari cara,...

19 April 2024

Seringkali, kita ingin orang lain tahu bahwa kita...

03 April 2024

Semua orang memiliki tujuan dalam hidup. Kita...

28 March 2024

Everybody is unique. Tidak ada dua orang yang...

28 March 2024

Kadang, hidup itu terasa sulit. Tidak ada yang...

23 March 2024

Manusia adalah makhluk yang labil. Hatinya mudah...

23 March 2024

Keinginan untuk dihargai dan disukai orang lain...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?