Apa Kebahagiaan Sejati Itu?

Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan adalah keadaan pikiran, hati, dan sesuatu yang ada di dalam. Sementara yang lain percaya bahwa bahagia adalah sesuatu yang dapat ditemukan di luar diri kita.

Apa yang membuat seseorang bahagia berbeda untuk setiap orang. Dapat dikatakan bahwa sebagian besar upaya kita dalam hidup diarahkan untuk mencapai kebahagiaan. Kita mungkin berpikir bahwa kita harus mendapatkan harta, mengalami kejadian spektakuler, atau bertemu orang spesial untuk menemukan kebahagiaan. Kita memang bisa bahagia saat membeli barang baru atau bertemu seseorang dalam hidup kita, tetapi kebahagiaan yang kita peroleh dari pengalaman seperti itu tidak bertahan selamanya. Setelah beberapa saat, kita mungkin merasa biasa lagi. Jadi kita mencari hal besar berikutnya yang dapat memuaskan dan memberi kita kebahagiaan. Kebahagiaan semacam ini hanya bersifat sementara.

Kebahagiaan yang berasal dari faktor eksternal bersifat fana. Jadi tidak mungkin untuk mencapai kebahagiaan sejati bila kita melekatkannya pada benda-benda lahiriah. Hal-hal eksternal seperti harta benda, seseorang, atau peristiwa, tidak bertahan selamanya. Kepemilikan pada akhirnya dapat hancur, orang dapat menghilang dari kehidupan kita, dan peristiwa dapat memberikan kesenangan tertentu hanya untuk waktu yang singkat. Jadi untuk benar-benar bahagia dalam hidup, itu harus berasal dari dalam. Kebahagiaan sejati adalah sebuah pilihan, terlepas dari keadaan yang kita alami atau keadaan hidup yang kita miliki. Arti sebenarnya dari kebahagiaan adalah bahwa itu bukanlah sesuatu yang kita kejar untuk dicapai. kita memilikinya di dalam diri kita sepanjang waktu.

Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu kita mencapai tataran kebahagiaan itu.

  1. Keadaan hidup yang nyaman dan berkecukupan

Beberapa orang akan mengatakan bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan sejati. Untuk beberaa alasan, itu Memang benar. Kita tidak dapat sepenuhnya mengabaikan bahwa uang masih merupakan prasyarat sebelum kita dapat mencapai keadaan kebahagiaan sejati. Usaha mencapai kehidupan yang bahagia merupakan hal yang sangat sulit ketika kita berada dalam keadaan serba kekurangan dan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok. Kehidupan yang nyaman dan keamanan finansial dapat memberi kita ketenangan pikiran dan kepositifan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk menemukan kebahagiaan. Ketika kita tidak perlu khawatir dapat makan untuk sehari-hari dan menikmati kemewahan di luar kebutuhan dasar, kita dapat memperoleh lebih banyak kedamaian batin, mengetahui bahwa kita aman dan dengan demikian memudahkan kita untuk merasa bahagia.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Motivasi Itu Penting

 

  1. Berada pada saat ini

Apa yang kita lakukan sekarang, dengan cepat akan menjadi masa lalu. Di depan kita, masa depan selalu menunggu. Kita seperti terjepit di antara dua periode waktu yang saling berkejaran. Pikiran kita bisa melayang antara masa lalu, sekarang, dan masa depan. Kita bisa sibuk dengan banyak pikiran dan mungkin mengalami emosi negative, karena memikirkan penyesalan masa lalu atau kekhawatiran di masa depan. Menjalani hidup saat ini, Mendapatkan lebih banyak pada saat ini, adalah kunci untuk menemukan kebahagiaan yang tepat. Berada di saat ini berarti menghargai apa yang terjadi sekarang dalam hidup kita. Jangan khawatir tentang apa yang bisa terjadi di masa depan, karena itu adalah misteri,  atau jangan memikirkan kejayaan masa lampau, yang itu sudah berlalu. Jika kita benar-benar mengupayakan hal terbaik untuk saat ini, itu berarti kita juga menyumbang kebaikan untuk masa depan.

 

  1. Kepositifan

Memiliki pikiran yang positif sangat penting untuk mencapai kebahagiaan sejati. Mempertahankan sikap positif terhadap kehidupan membantu kita fokus pada hal-hal yang baik. Bahkan dalam menghadapi ketidakpastian, kita akan memilih untuk memikirkan hal-hal baik. Ini bukan berarti kita tidak memikirkan tentang kemungkinan hal buruk terjadi. Kepositifan dan kebahagiaan sejati bersatu dalam satu paket. Keduanya membutuhkan kesadaran dan upaya untuk mewujudkannya. Kepositifan adalah keadaan pikiran yang dapat kita pilih, guna melatih diri kita sendiri untuk lebih cenderung melihat sisi baiknya atas segala hal yang mungkin terjadi.

 

  1. Kebahagiaan berarti mencapai tujuan yang penting bagi kita

Hidup tidak harus terasa seperti tertulis seperti urutan mendidik diri sendiri, mulai bekerja, berkeluarga, membeli rumah dan mobil, lalu pensiun ketika sudah tua. Ini bisa terasa membosankan dan monoton jika kita melihat hidup seperti ini. mendidik diri dan kemudian bekerja mungkin sulit untuk dihindari karena merupakan prasyarat untuk menghasilkan uang, seseorang dapat menambahkan beberapa perubahan dalam hidup untuk mendapatkan lebih banyak pemenuhan dan kepuasan, yang pada akhirnya mengarah pada kebahagiaan. Bekerja dapat diperlakukan sebagai sarana untuk mengejar apa yang benar-benar kita inginkan dan sukai. Buat tujuan yang sejalan dengan minat dan keyakinan. Pastikan kita memenuhinya. Kepuasan dan pemenuhan yang kita peroleh atas minat dan keinginan, akan memberi kita kesuksesan dan makna yang dalam untuk hidup kita. Saat hidup terasa bermakna, lebih mudah mempertahankan keadaan bahagia, membuat hidup terasa berharga untuk dijalani.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Menyerang Anak Muda dan Cara Menghindarinya

 

  1. Bahagia akan terbuka saat kita bersyukur

Syukur adalah komponen penting dari kebahagiaan sejati. Itu terwujud ketika kita melepaskan nilai kesenangan dari hal-hal eksternal. Bersyukur bukan berarti kita tidak boleh mengharapkan atau mendapatkan yang lebih lagi. Dengan rasa syukur, seseorang bisa bahagia meski tanpa harus sering-sering membeli barang baru atau mengalami momen-momen penting dalam hidup secara terus-menerus. Syukur membuat kita menghargai hal-hal kecil dan momen-momen dalam hidup, yang banyak terjadi setiap hari. Itu mengurangi kebutuhan untuk bergantung pada faktor eksternal untuk membuat kita bahagia. Bila secara batin kita telah puas terhadap sesuatu yang kita miliki atau peritiwa yang terjadi, mengakui sepenuhnya, dan kita bisa memanfaatkan dengan baik anugrah itu, maka itu tandanya kita telah merasa bersyukur. Dalam ajaran agama tertentu, jka seseorang bisa bersyukur, maka Tuhan akan menambah kenikmatan untuk orang tersebut. Rasa syukur yang tertanam dalam hati membuka jalan menuju kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup ini.

Kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang dipertahankan atau berkelanjutan. Itu adalah sesuatu yang kalian rasakan untuk waktu yang lama dan mencerminkan pandangan umum kalian. Tentu saja, itu tidak sempurna karena tidak mungkin untuk selalu bahagia karena masalah dan tantangan dalam perjalanan hidup. Namun, seseorang yang mengetahui apa itu kebahagiaan sejati akan tetap dapat tersenyum meskipun mengalami kesulitan, karena mereka yakin pada akhirnya semuanya akan baik-baik saja, dan bahwa mereka dapat melakukan sesuatu untuk mengatasi situasi mereka. Kebahagiaan mereka tidak bergantung pada hasil, tetapi pada bagaimana mereka memilih untuk memikirkan hal-hal yang terjadi dalam hidup.

Kita tidak mengabaikan kebahagiaan yang diperoleh secara eksternal. Itu juga salah satu jalan menuju Bahagia, namun, kebahagiaan eksternal cepat berlalu dan mungkin hanya ada dalam waktu singkat dan harus mencari hal lain lagi yang dapat membuat kita merasa puas dan bahagia. Dan itu tak akan ada habisnya.

Keuntungan dari kebahagiaan yang datang dari dalam, yang kita anggap sebagai kebahagiaan sejati, adalah bahwa hal itu bergantung pada jiwa dan hati kita untuk mewujudkannya. Kita tidak bergantung pada sesuatu yang datang dari luar diri kita untuk mengalami perasaan bahagia. Kebahagiaan sejati ada dalam kendali kita. Ada keharmonisan antara kita dan dunia.

 

Tonton videonya di sini:

 

 

Artikel Terbaru

19 April 2024

Seringkali, kita ingin orang lain tahu bahwa kita...

03 April 2024

Semua orang memiliki tujuan dalam hidup. Kita...

28 March 2024

Everybody is unique. Tidak ada dua orang yang...

28 March 2024

Kadang, hidup itu terasa sulit. Tidak ada yang...

23 March 2024

Manusia adalah makhluk yang labil. Hatinya mudah...

23 March 2024

Keinginan untuk dihargai dan disukai orang lain...

21 March 2024

Kita semua percaya bahwa hidup itu mengalir...

18 March 2024

Tahukah kalian apa itu kekuatan...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?