8 Alasan Mengapa Motivasi itu Penting

Bagaimana seseorang menyelesaikan sesuatu? Bagaimana kalian membangun keterampilan baru dan menghentikan kebiasaan buruk? Apakah kalian ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik? Motivasi adalah kekuatan pendorong yang membawa ke tujuan dan impian kita. Motivasi timbul karena adanya beberapa kebutuhan yang ingin kita dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan memunculkan tersebut keinginan dalam diri seseorang untuk memenuhinya

Motivasi juga berfungsi sebagai tindakan dan mengarahkan kita menuju tujuan, Sekalipun kita lelah, payah, dan stress. motivasi yang kuat tidak akan membuat kita menyerah dan melakukan pekerjaan kita. Alam bawah sadar terus-menerus mengingat bahwa ia bekerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Motivasi ini mendorong pikiran yang lebih positif dan produktif.

Tanpa motivasi, kalian tidak akan memiliki semangat. Seseorang tanpa motivasi hidup, dia akan mudah menyerah, putus asa, mudah dipengaruhi, dan mudah sekali untuk gagal.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa motivasi penting untuk bekal menjalani hidup kita:

 

 1. Motivasi membantu meningkatkan produktivitas kita

Apakah kalian memiliki dorongan untuk menjadi lebih produktif? Apakah motivasi itu ada dalam diri kalian? Jika kalian melakukan sesuatu dengan auto-pilot, dan tidak memikirkan alasannya, kalian mudah untuk teralihkan perhatiannya atau bahkan menunda-nunda. Karena tidak ada yang memicu tindakan kalian. Jika kita termotivasi oleh sesuatu, seperti ingin makan malam dengan seseorang yang spesial tepat pada pukul 6 sore, sementara pekerjaan masih banyak, motivasi kalian akan mendorong agar segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika kalian memiliki motivasi yang kuat, kalian tidak akan merepotkan orang lain dengan meminta mereka mengerjakan pekerjaan kalian. Kalian sendirilah yang akan menyelesaikan tepat waktu. Dengan sendirinya, hal ini akan meningkatkan efisiensi kerja, sehingga orang lain juga akan puas dengan kinerja kalian. Siapa tahu, kalian bisa menularkan semangat motivasi itu kepada orang lain. Bagi pekerja tim, motivasi ini memotivasi anggota tim untuk bekerja lebih produktif lagi.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Menguras Energi dan Mental Kita

 

2. Motivasi mendorong kita untuk belajar lebih banyak

Apakah kalian ingin menjadi ahli dalam suatu topik? Menjadi spesialis untuk pkerjaan yang kalian inginkan? Kalian akan termotivasi untuk belajar lebih detail dan serius. Menguasai ilmu lebih banyak tidak bisa dicapai hanya dengan berangan-angan atau hanya cukup membicarakannya. Untuk mencapainya, Kebanyakan hal lebih rumit daripada yang terlihat di permukaan, kalian harus melakukan lebih dari sekadar membaca puluhan artikel atau beberapa buku. Motivasi membantu kalian menggunakan berbagai sumber daya yang tak terhitung jumlahnya, menyerap, dan terus belajar. Kalian akan menggunakan semua kekuatan untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan. Menjadi lebih Tekun dan rajin adalah efek dari adanya motivasi tersebut.

 

3. Motivasi membantu membangun keterampilan baru

Mengembangkan keterampilan baru bergantung pada dua hal: motivasi dan kebiasaan. Ketika kita telah melakukan sesuatu untuk sementara waktu, kita tidak selalu perlu “merasa” termotivasi; kita dapat menguasai dan melakukan hal itu karena kebiasaan. Namun, saat kita masih membentuk kebiasaan tersebut, tentu kita membutuhkan motivasi. kita perlu alasan untuk tetap membentuk keterampilan atau hobi baru yang berguna tersebut. Terus pikirkan kembali mengapa kita memulai semua ini, dan teruslah melakukannya,  percayalah bahwa pada akhirnya itu akan menjadi kebiasaan dan keterampilan baru itu akan kita dapatkan.

 

4. Motivasi dapat memajukan karier seseorang

Apakah kalian memiliki tujuan karir yang terus berkembang? Banyak orang berpikir tentang rencana 5 tahun atau 10 tahun dan apa yang ingin mereka capai dalam waktu itu. Memajukan karir adalah mimpi yang sangat umum. Biasanya usaha ini mengharuskan kita melakukan banyak pekerjaan. Motivasi untuk mendapatkan gaji yang lebih besar atau tanggung jawab yang lebih sesuai dengan minat kalian menjadi salah satu aasannya. Banyak orang berharap untuk pindah ke peran yang memberi mereka lebih banyak fleksibilitas. Apa pun tujuan karir kalian, kalian harus tetap termotivasi untuk mencapainya.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Menyerang Anak Muda dan Cara Menghindarinya

 

5. Motivasi dapat saling menginspirasi

Kata orang bahagia itu menular. Demikian juga dengan Motivasi, baik bagi dirimu sendiri, maupun bagi orang lain. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang termotivasi, kemungkinan besar kalian akan tertular atau merasa terinspirasi. Itu tidak berarti kalian harus mengeluarkan orang yang “tidak termotivasi” dari hidupmu. Orang-orang mengalami berbagai hal yang memengaruhi motivasi mereka dan tidak adil mengharapkan seseorang menjadi lebih ceria dan produktif setiap saat. Meskipun demikian, jika kalian mencari motivasi dan dorongan ekstra, pikirkan tentang orang-orang yang kalian kenal yang telah berkomitmen untuk membentuk kebiasaan baru yang sehat dan mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Mereka bisa menjadi orang yang tepat untuk diajak bicara tentang bagaimana cara mencapai tujuan kalian. Setidaknya untuk saling memberi semangat.

 

6. Motivasi membantu melewati masa-masa sulit dalam hidup kita

Ketika semuanya berjalan dengan baik, tidak terlalu sulit untuk tetap termotivasi. Namun, ketika segalanya menjadi lebih sulit, lebih mudah untuk melupakan garis finis. Stres dari situasi saat ini dapat membuat kita kewalahan dan akhirnya merasa gagal. Dengan tetap memikirkan apa yang memotivasi kita adalah cara yang bagus untuk tetap bertahan. Kalian mungkin akan mengalami penurunan mental karena perasaan kalian, tetapi tetap ingat bahwa kalian mampu melewati saat ini. Motivasi dalam dirimu mendorong kalian untuk bangkit dan terus berusaha.

 

7. Motivasi sangat penting untuk kepemimpinan yang baik

Pemimpin memiliki banyak tanggung jawab, tetapi salah satu yang terpenting adalah motivasi. Jika sebuah tim tidak termotivasi, pekerjaan mereka akan terbengkelai. Pemimpin perlu mengumpulkan semua orang, memberikan dorongan, dan membuat mereka tetap termotivasi melalui saat-saat baik dan buruk. Pemimpin perlu mempelajari cara terbaik untuk memotivasi kelompok dan menghindari strategi yang tidak efektif.

Bagi organisasi, anggota tim yang termotivasi  menghasilkan kinerja berkualitas tinggi yang mendukung kemajuan organisasi. Pemimin yang baik akan mencoba bagaimana timnya bekerja  dengan antusias, bekerja dengan tujuan yang jelas, memandang tantangan ke depan secara positif, kemampuan mengambil inisiatif dan ide kreatif, dan menumbuhkan keinginan untuk berbuat lebih loyal.

Baca juga: Alasan Mengapa Kesabaran Penting dalam Hidup Kita

 

8. Motivasi memicu perubahan sosial dan keadilan

Selain selalu bergerak maju, tetap ada banyak kesalahan yang terjadi di dunia ini. Seperti kemisinan dan kesetaraan hidup yang kurang merata. Para aktivis kemanusiaan telah melakukan dan memperjuangkannya selama berabad-abad. Sehingga arah keadilan tetap lebih diutamakan. Bagaimana orang-orang menghadapi mimpi yang tampaknya mustahil ini? Mereka menginginkan masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang. Keinginan mulia untuk kemanusiaan yang mungkin mereka sendiri tidak mendapatkan keuntungannya. Tanpa motivasi ini, sangat masuk akal untuk menyerah. Motivasi menyalakan api pada orang-orang mulia untuk menghasilkan kemenangan besar bagi dunia.

 

Nah, demikianlah beberapa pentingnya motivasi dalam hidup kita. Tentu banyak sekali hal-hal yang perlu ditambahkan dari paparan kami. Kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Pupuk dan bangun motivasi yang kuat dalam diri untuk mencapai apapun yang kalian inginkan. Semoga semangat selalu menyertai hari hari kalian.

 

Tonton videonya di sini:

Artikel Terbaru

13 December 2023

Dalam menjalani hidup, banyak rintangan yang...

22 September 2023

Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan adalah...

27 August 2023

Kita semua tahu bahwa hidup ini penuh dengan...

05 August 2023

Apa artinya menjadi kaya? Apa pendapat kalian...

05 August 2023

Mempelajari cara menabung adalah pelajaran hidup...

31 July 2023

Bagaimana seseorang menyelesaikan sesuatu?...

31 July 2023

Berkomunikasi dengan baik terdiri dari dua...

21 July 2023

Apa arti kesabaran? Ada begitu banyak definisi...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?