9 Manfaat Mendengarkan yang Jarang Diketahui

Berkomunikasi dengan baik terdiri dari dua bagian: yaitu, 1, berbicara menyampaikan sesuatu, dan 2, mendengarkan orang lain. Tak sedikit orang lupa memperhatikan bagian kedua. Banyak orang pandai berbicara, tetapi ketika tiba waktunya untuk mendengar pikiran dan perasaan orang lain, mereka abai dan acuh.

Keterampilan berbicara seharusnya mengiringi kemampuan mendengarkan dalam komunikasi. Karena sebaik apapun seseorang dalam berbicara, komunikasi tidak akan efektif tanpa kemauan mendengarkan.

Kesediaan untuk Mendengarkan bisa sangat menantang. Sekilas, mendengarkan itu aktivitas yang membosankan. Tapi Mengapa mendengarkan itu perlu dan penting? Berikut ini alasannya.

 

1. MENDENGARKAN MEMBANTU MENGHILANGKAN KONFLIK

Keterampilan mendengarkan yang buruk adalah salah satu akar dari banyak konflik. Selain terkadang menyebabkan kesalahpahaman, tidak mendengarkan dengan baik membuat frustrasi orang yang terlibat dalam percakapan penting. Saat berbicara, Orang ingin dihormati, dengan cara didengarkan. Kita tidak harus selalu setuju dengan apa yang orang sampaikan, tetapi berusaha untuk mendengar perspektif lain membuat situasi lebih tenang. Ketika semua orang merasa dihargai, tenang dan aman, akan lebih mudah untuk bekerja melewati situasi tegang tanpa hal-hal yang menyebabkan terjadinya konflik.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Kita Hindari Agar Kita Tetap Produktif

 

2. MENDENGARKAN MENGURANGI KESALAHPAHAMAN

Kesalahpahaman adalah salah satu efek paling umum dari komunikasi yang buruk. Saat orang tidak mendengarkan satu sama lain, sangat mudah untuk salah dengar atau salah mengartikan maksud seseorang. Sering kali, kesalahpahaman bukanlah masalah besar, tetapi beberapa dapat menimbulkan konsekuensi besar. Sebagai contoh, dalam kegiatan alam yang menggunakan berbagai macam tali untuk bantuan memanjat. Pada saat pemberian penjelasan sebelum kegiatan dimulai, instruktur mengatakan tali kedua atau setiap bilangan genap, tali jangan dilepas, tapi seseorang karena tidak menyimak dengan baik, memahami sebaliknya. Saat pelaksanaan, kesalahpahaman ini bisa mengancam keselamatan jiwa seseorang.

 

3. MENDENGARKAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN

Ketika kita berusaha untuk mendengarkan seseorang, maka mereka akan mengenali antusias  kita. Mereka dapat mengetahui bahwa kita tertarik dengan apa yang mereka katakan. Ini membuat mereka lebih nyaman berbagi dengan Anda dan bersikap terbuka. Sebaliknya, Jika kita hanya mendengarkan setengah perhatian, tidak melakukan kontak mata, atau bahkan kita berkali-kali melirik ponsel, maka sikap tersebut jauh untuk bisa mendatangkan rasa percaya. Mereka tidak akan mempercayai kita, karena kita  tidak menghargai pikiran dan perasaan mereka.

 

4. MEMPERERAT PERSAHABATAN

Mendengarkan tidak hanya meningkatkan hubungan romantis atau bisnis; tetapi juga bisa memperdalam sebuah tali persahabatan. Jika kalian merasa jauh dari teman lama atau sedang berjuang untuk terhubung dengan teman baru, menjadi pendengar yang lebih baik bisa menjadi perbaikan keadaan. Manfaat mendengarkan, yang di antaranya memperoleh kepercayaan yang lebih besar, kesalahpahaman yang lebih sedikit, dan lebih banyak perhatian, bisa diterjemahkan dengan baik ke dalam sebuah persahabatan.

Baca juga: 5 Jenis Orang yang tidak mungkin Bisa Sukses

 

5. MENDENGARKAN BERMANFAAT UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP EMPATI

Pada dasarnya, manusia itu berempati. Salah satu topik pembicaraan yang kemungkinan besar akan diangkat oleh lawan bicara adalah pengalaman hidup, baik pengalaman hidup mereka sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Untuk merespons dengan tepat, kita perlu memahami apa yang dirasakan orang lain ketika menceritakan kisahnya. Secara tidak langsung, kita diminta untuk berempati. Kapasitas empati yang terus berkembang ini membantu kita mencintai orang lain. Dengan berempati, kita bisa menyentuh hati orang-orang di sekitar kita, menulari mereka untuk melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, dunia akan menjadi tempat yang lebih ramah bagi kita semua.

 

6. MENDENGARKAN MENINGKATKAN HUBUNGAN BISNIS

Jika karier kita mengharuskan berinteraksi dengan orang lain, kita tahu betapa pentingnya komunikasi yang baik. Kesalahpahaman dan konflik dapat menggagalkan proyek dan menghasilkan reputasi buruk bagi perusahaan. Dengan berkomitmen untuk mendengarkan dengan lebih baik, kita dapat membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja maupun klien. Orang akan merasa dihormati dan bersemangat untuk bekerja dengan kita.

 

7. MENDENGARKAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Apakah kalian sedang bekerja atau di sebuah pertemuan? Mendengarkan sangat penting untuk keberhasilan kalian. Orang yang mendengarkan dengan baik cenderung mampu menyimpan informasi lebih banyak, memahami apa yang diminta dari mereka, dan mengajukan pertanyaan yang tepat. Ini adalah keterampilan yang berharga dalam proyek ataupun pertemuan kelompok. Banyak orang berpikir mereka perlu banyak bicara untuk berkontribusi, tetapi mendengarkan bisa dibilang ltidak kalah penting. Jika semua orang mendengarkan satu sama lain, kesalahpahaman akan berkurang. Ini menghemat waktu semua orang.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan yang Harus Kalian Tahu

 

8. MENDENGARKAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN

Jika kalian ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, kalian juga harus menjadi pendengar yang lebih baik. Mendengarkan dengan aktif dan penuh perhatian, membantu kalian membuat hubungan yang baik di antara anggota tim, Mampu menyerap perspektif yang berbeda, dan mencegah terjadinya kesalahpahaman. Seorang pemimpin yang baik akan memastikan setiap orang merasa dihormati, yang berarti mereka semua merasa didengarkan. Jika kalian berpikir bahwa pemimpin yang baik adalah orang yang mengekspresikan diri dengan sangat baik, itu baru sebagian dari yang terlihat. Karena seungguhnya, Mereka juga pendengar yang hebat.

 

9. MENDENGARKAN MEMBANTU MEMPELAJARI BAHASA BARU

Saat kalian mempelajari bahasa baru, kalian pasti banyak berlatih berbicara. Dan Mendengarkan sama pentingnya, tetapi sering diabaikan. Mengapa? Banyak orang menganggap bahwa mendengarkan itu melelahkan, tetapi mendengarkan juga melatih otak kalian. Kita menghabiskan sekitar 40-50% dari waktu kita untuk mendengarkan dalam pembelajaran bahasa. Mendengarkan bahasa yang ingin kalian pelajari adalah salah satu bagian terpentingnya, selain berbicara atau menulis. Kalian juga akan terlibat banyak kegiatan mendengarkan, seperti menyimak Buku audio, musik, dan film sebagai sumber pembelajaran.

Nah, demikianlah beberapa manfaat pentingnya mendengarkan orang lain. Mudah-mudahan, setelah kita mengetahui hal ini, kita akan lebih bersemangat untuk menanggapi siapa pun yang berbicara dengan kita.

 

Tonton videonya di sini:

Artikel Terbaru

13 December 2023

Dalam menjalani hidup, banyak rintangan yang...

22 September 2023

Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan adalah...

27 August 2023

Kita semua tahu bahwa hidup ini penuh dengan...

05 August 2023

Apa artinya menjadi kaya? Apa pendapat kalian...

05 August 2023

Mempelajari cara menabung adalah pelajaran hidup...

31 July 2023

Bagaimana seseorang menyelesaikan sesuatu?...

31 July 2023

Berkomunikasi dengan baik terdiri dari dua...

21 July 2023

Apa arti kesabaran? Ada begitu banyak definisi...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?