9 Hal yang Membuat Mental Kita Lemah

Tahukah kalian apa itu kekuatan mental?

Kekuatan atau ketangguhan mental didefinisikan sebagai ukuran ketahanan dan kontrol individu atas emosi dan psikologis. Kekuatan mental juga diartikan sebagai kemampuan manusia untuk bertarung dengan emosi negatifnya. Sehingga, orang yang kuat secara mental mampu bangkit di atas keadaan apa pun, tidak peduli kesulitan atau tuntutannya. Menjadi kuat secara mental berarti memiliki pemahaman yang baik tentang emosi, mampu melakukannya dengan baik di bawah tekanan, dan secara efektif menangani masalah yang dihadapi.

Mengapa kekuatan mental itu perlu? Beberapa orang yang berprestasi dan bahagia di dunia menyebut “kuat secara mental” sebagai kunci kesuksesan mereka.

Ketahanan mental jelas nilai penting yang harus kita perjuangkan dalam hidup kita. Membangunnya membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Banyak tahap dan banyak hal yang harus diperhatikan. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Kami sarankan bagi kalian yang ingin membangun kekuatan mental, bisa lihat 2 video kami yang berjudul, “9 sifat orang yang tangguh” dan “Kamu bermental domba atau singa”?

Bagi kalian yang merasa mempunyai mental yang kuat, pertahankanlah. Atau bagi kalian semua, perlu perhatikan hal-hal yang bisa melemahkan mental. Jangan sampai kalian membangun tapi tidak memperhatikan sesuatu yang bisa menghancurkan. Karena Seringkali kita tak sadar melakukan hal-hal yang justru mengurangi ketahanan kita dan membuat kita lebih lemah secara mental. Kita menyabotase diri kita sendiri dengan cara yang mungkin tidak kita sadari.

Apa saja yang bisa melemahkan mentalmu? Berikut adalah 9 hal yang menyebabkan kita lemah secara mental.

 

  1. Ragu-ragu

Ragu-ragu adalah salah satu hal yang sudah pasti pernah dialami oleh setiap orang, namun bukan berarti kita terus membiarkannya begitu saja. Ragu-ragu atau bimbang mengambil keputusan sendiri, dapat membuat kita lemah secara mental. Kita memberikan tekanan kepada diri sendiri untuk memastikan bahwa setiap keputusan yang kita buat adalah benar. Tetapi kenyataannya adalah, apa pun yang kita pilih, kita akan selalu menyesalinya dan bertanya-tanya apakah kita telah melakukan kesalahan. Kita bimbang dalam pilihan. Kita tidak mempercayai penilaian kita sendiri. Keragu-raguan membuat kita tidak puas dengan segalanya.

Ragu-ragu bisa menghambat langkah kita untuk maju dan bahkan bisa membuat kita rawan mengalami kegagalan. Berusahalah menghilangkan sifat ini dan belajar yakin untuk semua hal yang kita putuskan dan lakukan.

 

  1. Sifat Manja

Ketika seseorang terlalu memanjakan diri sendiri, itu berarti mereka adalah budak dari kenyamanan atau kesenangan. Mereka tidak mau melakukan apapun yang dianggap merepotkan. Tidak mau berpayah-payah untuk berjuang. Sebaliknya, mereka melakukan hal-hal yang menyenangkan, yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau, tanpa pernah memikirkannya. Mereka jarang mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka karena mereka hidup untuk saat ini. Hedonistik dan sembrono. Orang-orang seperti ini tidak memiliki pengendalian diri, kesabaran, dan disiplin yang diperlukan untuk menjadi tangguh secara mental. Mereka mengorbankan kebahagiaan jangka panjang untuk kesenangan sementara.

Baca juga artikel: 9 Tips Membangun Ketangguhan Mental

 

  1. Yang membuat mental kita lemah ketiga adalah, Rasa Takut

Takut gagal, takut ditolak, takut tidak diterima, takut hasilnya buruk adalah hal yang sangat melemahkan mental kita. Ketakutan-ketakutan tersebut membuat kita enggan untuk mencoba hal baru. Atau takut mengatakan tidak kepada seseorang hanya karena kita takut menyakiti perasaannya.

Punya sifat penakut sebenarnya bisa dibilang normal dan manusiawi. Namun janganlah takut secara berlebihan. Ada saat-saat tertentu yang memang di luar kendali kita. Tapi, karena kita diberi akal dan pikiran, akan lebih manusiawi lagi jika kita bisa mengatasi rasa takut yang kita miliki dengan baik.. Kita harus berani mencoba dan menghadapi apapun hasilnya nanti. Ada banyak kesempatan di luar sana. Jangan habiskan waktu kita untuk fokus pada rasa takut. Ganti dengan keberanian dan keyakinan.

 

  1. Ingin semua orang menyukaimu

Berusaha menjadi orang yang menyenangkan bagi semua orang bukanlah hal yang baik, karena itu tidak mungkin bisa kita capai. Terkadang godaan itu tidak bisa kita tahan. Lalu kita berusaha untuk mengubah cara kita melihat, atau cara kita berpakaian, cara kita bertindak, agar sesuai dengan orang yang kita sukai dan mengesankan orang yang kita kagumi, dengan harapan mereka akan menyukai kita. Tetapi memiliki kebutuhan yang kuat untuk disukai oleh semua orang dapat menumbuhkan perasaan tidak aman dan membenci diri sendiri. Membuat kita lelah. Jadilah diri sendiri. Dan sadari bahwa kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita seperti halnya kita tidak bisa menyukai semua orang yang kita temui.

 

  1. Terlalu mengingat masa lalu

Pernahkah kita merasa sangat bernostalgia sehingga kita ingin kembali ke masa lalu dan menghidupkan kembali pengalaman tertentu dalam hidup kita? Apakah kita sering bertanya-tanya tentang apa yang mungkin terjadi dan mendapati diri kita kembali pada sebuah ingatan, atau hubungan masa lalu berulang-ulang? Dan menyesali keputusan yang salah di masa lalu?

Hati-hati! Terlalu banyak memikirkan masa lalu dan tidak bisa move on akan merugikan kesehatan mental kita. Itu membuat luka psikologis dan emosional kembali datang, dan hanya berfungsi untuk membuat kita merasa lebih menyesal, sedih dan tidak berdaya atas hal-hal yang telah terjadi.

Baca juga artikel: 7 Cara untuk Meningkatkan Komitmen demi Kesuksesan Kita

 

  1. Yang membuat mental kita lemah keenam adalah, Mudah Menyerah

Setiap dari kita pasti memiliki tujuan dalam hidup. Rencana-rencana kita susun seperti ingin kaya, ingin beli mobil impian, berhaji di usia muda, rumah yang ideal, dan lain-lain. Namun, untuk mewujudkanya bukanlah urusan yang mudah. Karena kemampuan diri, rintangan, hambatan, dan keterbatasan lain, sebagian orang kemudian menyerah.

Mudah untuk menyerah bukanlah sesuatu yang baik untuk ketahanan mental kita. Orang yang mudah putus asa karena kesulitan cenderung kurang berhasil, kurang berprestasi, dan kurang terpenuhi secara emosional dibandingkan mereka-mereka yang lebih gigih. Mudah menyerah adalah ciri orang yang bermental lemah.

 

  1. Merasa Berhak

Memiliki rasa berhak berarti kita merasa dunia berhutang kepada kita untuk sesuatu, seperti kita pantas mendapatkan perlakuan khusus tanpa alasan yang jelas. Kebanyakan dari kita biasanya tidak sadar ketika kita bertindak, rasa berhak kita muncul setiap kali kita mengeluh tentang kemunduran atau ketidaknyamanan; mengharapkan hal-hal untuk diserahkan kepada kita; atau marah ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Orang yang kuat secara mental, di sisi lain, memahami nilai kerja keras dan tahu bahwa tidak ada yang berutang kepada kita.

 

  1. Tidak bisa mengendalikan emosi

Meskipun mengekspresikan emosi itu baik, tapi membiarkan emosi mengendalikan kita tidak akan membuat kesehatan mental kita menjadi baik. Karena jika mudah terbawa oleh apa yang dirasakan, emosi jadi tidak stabil dan kehilangan kendali. kita menjadi tidak stabil secara emosional dan membiarkan emosi mengaburkan penilaian kita. Ini bisa membuat kalian lebih rentan terhadap perilaku sembrono, pengambilan keputusan yang terburu-buru, dan bereaksi berlebihan terhadap situasi. Pribadi yang bermental kuat adalah mereka yang mampu mengendalikan emosinya.

Baca juga: Cetak Buku Satuan (Print on Demand) – Murah Kualitas Mewah

 

  1. Yang menyebabkan kita lemah secara mental ke-9 adalah, Mengabaikan perawatan diri

Terakhir, mengabaikan kesehatan fisik pasti akan berdampak buruk pada kesehatan mental kita juga. Mengabaikan perawatan diri bisa seperti terlalu banyak bekerja, tidak cukup istirahat, atau tidak melakukan hal-hal yang kita sukai. Ketika kita memahami pentingnya perawatan diri, kita akan menjadi kuat dan stabil secara mental. Karena perawatan diri juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

 

Jadi, apakah kalian melakukan hal-hal yang telah kami sebutkan tadi? Apakah kalian melakukan salah satu dari 9 hal yang dapat membuat kalian lemah mental? Jika iya, masih ada waktu bagi kalian untuk mengubahnya! Segera perbaiki dan milikilah mental yang kuat untuk menunjang keberhasilan kalian.

Lihat video artikel ini di sini:

 

Disarikan dari: psych2go. net

Artikel Terbaru

08 May 2024

Memiliki sikap toleransi, adalah salah satu kunci...

07 May 2024

Banyak di antara kita yang mencari cara,...

19 April 2024

Seringkali, kita ingin orang lain tahu bahwa kita...

03 April 2024

Semua orang memiliki tujuan dalam hidup. Kita...

28 March 2024

Everybody is unique. Tidak ada dua orang yang...

28 March 2024

Kadang, hidup itu terasa sulit. Tidak ada yang...

23 March 2024

Manusia adalah makhluk yang labil. Hatinya mudah...

23 March 2024

Keinginan untuk dihargai dan disukai orang lain...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?