8 ALASAN PENTING MENGAPA KITA HARUS BERHEMAT

Mempelajari cara menabung adalah pelajaran hidup yang penting yang memberi kita sejumlah manfaat sepanjang hidup kita dengan membantu kita mendapatkan kebebasan finansial. Meskipun kita semua tahu bahwa menabung itu penting; namun, sebagian besar dari kita tidak dapat menabung gaji yang diperoleh dengan susah payah karena gagasan menyimpan uang tunai Anda tidak menawarkan rasa kepuasan seperti halnya pengeluaran.

Sederhananya, menabung pada dasarnya menyisihkan uang untuk keperluan darurat atau pembelian di masa depan. Dari sudut pandang ekonomi, menabung berarti mengkonsumsi lebih sedikit hari ini sehingga Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak di masa depan. Namun, memiliki jaring pengaman tabungan juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti mandiri secara finansial, bebas utang, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa Anda harus menabung hari ini:

 

1. Manfaat menabung dan menghemat uang yang pertama adalah, kemandirian finansial.

Salah satu manfaat paling penting untuk menghemat uang adalah untuk mendapatkan kebebasan finansial. Kebebasan finansial bisa berdampak pada Kesehatan dan ketenangan mental yang luar biasa. Kemandirian tersebut berarti kita tidak bergantung sepenuhnya pada gaji bulanan untuk mempertahankan dan membiayai hidup kita saat ini. Jika kalian memiliki tabungan yang cukup untuk digunakan kembali, kalian dapat mengambil keputusan besar dalam hidup, tanpa khawatir. Misalnya eputusan untuk apakah ganti pekerjaan, merencanakan liburan, menikah, memulai bisnis sendiri, atau bahkan menyiapkan dana pensiun. Kita dapat mengambil keputusan besar dalam hidup ini tanpa khawatir dan stres jika kita telah mandiri secara finansial.

 

2. Manfaat menabung dan menghemat uang yang ke-2 adalah, hidup tanpa hutang.

Hutang membuat hati kita tidak tenang. Tidak nyaman karena harus menerima tagihan setiap bulan dan memotong gaji kita. Belum lagi kalau sampai mengunggak. Perasaan kita akan semakin gusar.

Selalu mengandalkan kartu kredit untuk semua pengeluaran bisa membuat kalian dalam masalah serius. Kalian harus memiliki sejumlah dana yang disimpan untuk melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan, jika tidak kalian akan dikenakan denda tinggi karena keterlambatan.

Jika kalian ingin keluar dari hutang, kalian perlu menabung setiap bulan secara teratur. Dengan berhemat dan mengandalkan tabungan kita untuk melakukan pengeluaran yang bersifat tambahan atau tidak pokok. Kita dapat menghemat banyak uang dengan mengurangi atau bahkan menghindari penggunaan kartu kredit kita, dan hidup nyaman tanpa hutang seumur hidup.

Baca juga: Menerbitkan buku sendiri dengan mudah dan hemat.

 

3. Manfaat ke-3 adalah, mengatasi biaya tak terduga.

Kita semua memiliki pengeluaran tak terduga yang bisa mengetuk pintu kita setiap saat; bisa jadi itu berupa masalah kesehatan, masalah mobil, perbaikan rumah yang tiba-tiba bocor, atau bahkan acara keluarga di luar kota. Jika kita memiliki tabungan di rekening, kita masih bisa mengatasi dan mengelola pengeluaran tak terduga ini dengan lebih hati-hati, dan lebih penting lagi, tanpa meminjam uang dari teman atau keluarga. Antisipasi ini selalu jauh lebih baik untuk dipersiapkan dengan memiliki tabungan di rekening.

Membangun dana darurat secara teratur juga dapat membantu menjaga anggaran dan memantau pengeluaran bulanan kita.

 

4. Manfaat menabung dan menghemat uang yang ke-4 adalah, untuk membeli rumah.

Keputusan keuangan terpenting yang dibuat seseorang adalah membeli rumah sendiri. Karena rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang paling berat untuk dicapai. Walaupun membeli rumah bisa diangsur, kita tetap harus meengeluarkan sejumlah uang yang tak sedikit sebagai uang muka. Jumlahnya bisa berkisar antara 10-20% dari total harga pembelian, dan baru setelah itu bank akan mempertimbangkan untuk meminjamkan jumlah yang tersisa kepada kita. kita bisa membayar uang muka tersebut hanya jika kita telah menyimpan uang yang cukup. Selanjutnya, jika kita mampu untuk sebagian, atau seluruh jumlah, kita juga akan mengeluarkan banyak uang untuk pindah menempati rumah baru tersebut, perbaikan yang kurang, perlengkapan rumah, mebel atau dekorasi.

 

5. Membeli mobil atau pembelian besar lainnya.

Untuk membeli mobil baru, atau barang mahal lainnya, kita perlu menyisihkan sejumlah dana yang tak sedikit. Dengan menabung, kita tidak perlu bekerja bertahun-tahun untuk melunasi suku bunga tinggi untuk membeli mobil baru. Idealnya, pertama-tama kita harus merencanakan pembelian dan kemudian menabung sejumlah uang, sampai kita bisa membayar uang muka. Jauh lebih baik, jika kita lebih berhemat dan tabungan bisa mencukupi untuk membelinya dengan cara cash. Kita akan terbebas dari skema cicilan bulanan yang dapat memberatkan keuangan kita dalam jangka panjang.

Baca juga: Mencari jasa ilustrasi untuk buku anak? Bisa ke SINI.

 

6. Manfaat menabung dan menghemat uang yang ke-6 adalah, mengatasi darurat medis.

Perencanaan awal adalah faktor kunci untuk berhasil melewati badai yang pasti akan kita hadapi dalam hidup. Suka atau tidak suka, hidup memang memberi kita kejutan yang tidak menyenangkan dalam bentuk menurunnya kesehatan dan keadaan darurat medis lainnya. Idealnya, kita harus membuat dana darurat yang khusus dimaksudkan untuk menangani biaya medis. Uang tunai dapat diakses dengan cepat dan mudah jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan.

Pastikan untuk tidak membelanjakan uang itu untuk hal lain, tetapi hanya untuk keadaan darurat kritis. Penyakit dapat terjadi kapan saja, dan selalu lebih baik bersiap untuk itu, daripada kita kelabakan saat susuatu terjadi nanti atau mengorbankan kualitas pengobatan karena kita tidak memiliki cukup dana.

 

7. Manfaat menabung dan menghemat uang yang ke-7 adalah, merencanakan masa pensiun.

Lewatlah sudah hari hari dan tanpa sadar orang telah menginjak usia 60an. Itu berarti waktunya kita pensiun atau dipensiunkan. Kita semua ingin bekerja keras selama beberapa tahun dan menabung cukup uang untuk pensiun nanti dan menikmati hidup. Semakin awal kita mulai menabung, tentu semakin baik. Menghemat uang sangat membantu kita jika ingin pensiun kapan pun. Tetapkan target, bekerja keras untuk mencapai angka itu dan kemudian tentukan apakah kita ingin bekerja atau melakukan hal lain dalam hidup. Mengumpulkan uang dari sekarang untuk persiapan di masa pensiun adalah hal yang cukup berat. Tapi hal itu akan sangat kita rasakan jika waktu telah tua datang.

Baca juga: Mengapa mendengarkan itu penting.

 

8. Manfaat menabung dan menghemat uang yang ke-8 adalah, hidup tanpa khawatir.

Menyimpan uang daripada membelanjakannya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, menyimpan sejumlah tabungan dapat memberi kita kepercayaan diri dalam membuat keputusan hidup yang cerdas. Jika kita belum menanamkan kebiasaan menabung sebagian dari gaji, mulailah dengan langkah kecil dan buat rencana tabungan mingguan atau bulanan. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan buat pengeluaran yang lebih bijak.

Pentingnya menyimpan uang itu sederhana; itu memungkinkan kita untuk menikmati keamanan yang lebih besar dalam hidup. Jika kita memiliki uang yang disisihkan, kita akan memiliki sesuatu untuk digunakan kembali di masa-masa sulit. Kita  dapat menjalani hidup tanpa stres dan tidak perlu khawatir tentang keuangan ke depan, di sepanjang waktu.

 

 

Link Pilihan:

 

Artikel Terbaru

19 April 2024

Seringkali, kita ingin orang lain tahu bahwa kita...

03 April 2024

Semua orang memiliki tujuan dalam hidup. Kita...

28 March 2024

Everybody is unique. Tidak ada dua orang yang...

28 March 2024

Kadang, hidup itu terasa sulit. Tidak ada yang...

23 March 2024

Manusia adalah makhluk yang labil. Hatinya mudah...

23 March 2024

Keinginan untuk dihargai dan disukai orang lain...

21 March 2024

Kita semua percaya bahwa hidup itu mengalir...

18 March 2024

Tahukah kalian apa itu kekuatan...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?