Tinjauan Gaya Kepemimpinan Jokowi

Robert Albanese dan David D. Van Fleet mengemukakan bahwa empat gaya kepemimpinan yang dibedakan berdasarkan kepribadian yaitu Gaya Kepemimpinan Kharismatis, Otoriter, Demokratis, dan Moralis.

Idealnya seorang pemimpin dapat memiliki berbagai gaya, sesuai situasi dan kondisi yang ada. Presiden Jokowi merupakan pemimpin Indonesia fenomenal, dengan gaya kepemimpinan dalam keseharian perpaduan “Gaya Kepemimpinan Moralis” dan “Gaya Kepemimpinan Demokratis”; Tetapi saat menghadapi bandar narkoba yang merusak moral bangsa dan kaum radikal yang ingin memecah NKRI, Jokowi tidak ragu menggunakan “Gaya  Kepemimpinan Otoriter”, tanpa kompromi. Jokowi sering juga menggunakan “Gaya Kepemimpinan Kharismatis” untuk menginspirasi dan membangkitkan semangat kerja bawahan dan semua rakyat dengan Jargon seperti “Hidup adalah tantangan, jangan dengarkan omongan orang, yang penting kerja, kerja, dan kerja. Kerja akan menghasilkan sesuatu, sementara omongan hanya menghasilkan alasan”.

Buku ini meninjau Gaya Kepemimpinan Jokowi, yang ditinjau dari keseharian hidupnya, mengenai berbagai kegiatannya di masa muda (saat sekolah, saat kuliah, saat bekerja, saat menikah, dan saat wirausaha), saat menjadi Walikota Solo, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan saat menjadi Presiden Republik Indonesia. Gaya kepemimpinannya ditinjau melalui ucapan, sikap, dan tindakan-tindakannya yang sangat fenomenal. Suatu gaya kepemimpinan yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Penulis mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya penulisan buku ini. Penulis sangat berharap buku ini dapat berguna bagi kemajuan pelajaran dan pengetahuan bagi pembacanya, yang pada akhirnya akan membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.                                            

 Jakarta, Juni 2020Dr.

Ali Mocthar Ngabalin, M.Si.

Dr. Ir. Chandra Suwondo, M.M.

Dr. Zahera Mega Utama, S.E., M.M.

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai penulis,...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

08 June 2020

*** Sabrina Febrianti, masih duduk di bangku...

29 April 2020

Halaman sebelumnya di: 10 Penulis Buku Indie...

28 April 2020

Bisakah penulis buku lewat penerbit indie sukses...

Our Facebook