Tes dan Pengukuran Pendidikan – Dr. Wasidi

Alhamdulillah, dengan rakhmat Allah penulisan buku ini dapat diselesaikan. Pengukuran dalam bidang pendidikan sangat penting dalam proses dan hasil pendidikan. Dalam proses pendidikan pengukuran mempunyai posisi yang strategis karena dibutuhkan untuk memperbaiki proses pembelajaran, sedangkan pada akhir pembelajaran pengukuran hasil pendidikan menjadi penentu keberhasilan peserta didik. Buku ini ditulis untuk memperkaya buku evaluasi pendidikan khususnya buku edisi dalam bahasa Indonesia.

Bab I buku  ini menyajikan konsep dasar skala pengukuran yang membahas skala nominal, ordinal, interval dan rasio, serta membahas pengubahan  skala interval yang linier dan non linier, di samping itu dibahas konsep dasar varian dan standar deviasi yang selalu digunakan dalam analisis butir soal. Masing-masing diberi contoh nyata dalam kehidupan sehai-hari.

Bab II membahas  metode pengembangan instrumen. Bab ini menyajikan konsep dasar  berpikir deduktif dan induktif dalam proses pengkajian teori menjadi butir-butir instrumen. Secara garis besar proses pengembangan instrumen dijelaskan dalam bab ini. Jenis instrumen baik tes maupun non tes dibahas dan disertai contoh masing-masing bentuk instrumen.

Bab III membahas validitas instrumen.  Dalam bab ini dibahas 4 validitas yaitu validitas kurikulum, validitas isi, validitas konstruk dan validitas kriteria. Pembahasan validitas isi  terdiri atas konsep Lawshe, Aiken, Lynn, dan Polit & Beck.  Pembahasan validitas konstruk meliputi analisis faktor eksploratori  dan konfirmatori. Pembahasan validitas kriteria meliputi validitas konkuren, konvergen, prediktif dan diskriminan.

Bab IV membahas reliabilitas instrumen. Dalam bab ini dibahas sumber kesalahan yang mempengaruhi reliabilitas. Pendekatan estimasi reliabilitas dipakai teori internal konsistensi, stabilitas, kesetaraan kriteria,  dan  indek reproduksibilitas

Bab V membahas analisis butir instrumen. Dalam bab ini terdapat dua pokok bahasan yaitu tingkat kesulitan dan  daya beda, baik untuk penskoran benar-salah maupun skor kontinyu (tes uraian, angket). Masing-masing bahasan dilengkapi dengan contoh.

Bab VI membahas penambahan dan pengurangan butir dalam sebuah instrumen. Penambahan butir diperlukan jika indek reliabilitas instrumen masih belum mencukupi batas minimal reliabilitas instrumen. Pengurangan butir jika butir-butir yang kurang baik perlu dikeluarkan dari instrumen. Selain pembahasan pengurangan dan penambahan butir, dalam bab ini diberikan contoh menggabungkan indeks reliabilitas beberapa instrumen. Penggabungan relabilitas sangat dimungkinkan jika ada dua instrumen yang sama untuk mengukur satu kemampuan hasil belajar, misalnya tes objektif dan tes uraian bidang tertentu yang diujikan untuk mengukur pencapaian belajar pada  bidang itu. Selain instrumen tes penggabunggan instrumen non tes yang terdiri dari sub-sub variabel yang analisisnya dilakukan secara terpisah.

Bab VII membahas penentukan batas lulus atau cut of score. Penentuan batas lulus  banyak teori yang ada, namun dalam buku ini hanya 3 teori yang disampikan oleh Angoff, Ebel, dan Nedelsky. Ketiga teori ini merupakan dasar penentuan batas lulus atau cut of score.

Bab VIII membahas pengelolaan serta interpretasi hasil pengukuran. Hasil pengukuran agar dapat dibaca dan diinterpretasi dengan mudah harus dikelola dengan baik dan benar. Pengelolaan hasil pengukuran diberikan teori skor baku, skor T, dan skor normal. Karena pengukuran selalu mengandung kesalahan, maka dalam bab ini dibahas bagaimana memperkirakan skor murni hasil pengukuran.

Selain delapan bab tersebut, dalam buku ini diberikan contoh aplikasi pengolahan butir tes berdasar teori klasik menggunakan test analysis program (TAP).

Akhirnya saya sampaikan  banyak terima kasih kepada Dekan FKIP UNIB, Progam Studi Magister Teknologi Pendidikan yang telah memberikan dukungan sehingga buku ini dapat diwujudkan.

Buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran yang konstruktif dari pembaca sangat diharapkan. Terakhir buku ini diharapkan dapat melengkapi khasanah ilmu pengetahuan khususnya ilmu pengukuran pendidikan, dan berguna bagi pembaca.

Bengkulu,  Juni 2020

Penulis

Wasidi

 

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?