PERENCANAAN PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN SISTEM UNTUK PERGURUAN TINGGI – HARYADI, JB. KARNOMO WH, AGUS ARIJANTO

Penerbitan buku ini didorong dan diilhami oleh pengalaman penulis sebagai konsultan dalam pemantauan (monitoring) dan penilaian (evaluasi) beberapa proyek pengembangan. Dari pengalaman tersebut didapatkan bahwa banyak proyek yang memiliki beberapa kelemahan dalam perencanaannya, sehingga proyek berjalan tidak lancar, kurang mengenai sasaran, serta sukar dipantau dan dinilai. Di antara kelemahan-kelemahan tersebut adalah;

  1. Ada faktor-faktor penentu keberhasilan yang diabaikan atau kurang mendapat perhatian.
  2. Susunan rencana pengembangan kurang sistematis.
  3. Dasar-dasar penentuan program kurang jelas.
  4. Tolok ukur realisasi dan keberhasilan program kurang jelas.
  5. Penggunaan istilah-istilah yang kurang tepat atau kurang benar.

Selanjutnya buku ini ditulis berdasarkan peran serta kami dalam penyusunan beberapa rencana pengembangan, baik pengembangan wilayah, maupun pengembangan lembaga. Berdasarkan pengalaman tersebut diperolah banyak pengetahuan diantaranya; faktor-faktor apa yang perlu diperhatikan, sistematika rencana pengembangan yang baik, dasar-dasar penyusunan kebijakan, strategi dan program pengembangan, serta tolok ukur realisasi dan keberhasilan pengembangan.

Adapun cara pendekatan yang digunakan agar susunan rencana lebih sistematis, digunakan pendekatan sistem, termasuk didalamnya analisis sistem. Agar mudah dilaksanakan metode yang digunakan ialah metode kronologis praktis, yaitu dilakukan pemaparan secara berurutan sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan proses penyusunan rencana pengembangan, mulai dari pengkajian perkembangan terakhir dan kondisi saat ini (existing conditions) sampai dengan penentuan program-program.

Pembahasan perencanaan pengembangan dalam buku ini difokuskan pada langkah-langkah dalam penyusunan rencana pengembangan sistem, penentuan  dan perumusan kebijakan kerangka logis hingga pada pembuatan kerangka acuan perencanaan pengembangan. Hal ini dimaksudkan  untuk memberikan gambaran bagi pembaca untuk memahami dan dapat mengaplikasikan langkah-langkah perencanaan pengembangan pada lembaga maupun sistem.

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

10 January 2014

Cloth Diaper (Clodi) atau popok kain modern saat...

13 January 2014

menulis biografi adalah menulis sejarah hidup. Ia...

13 January 2014

Promo murah adalah faktor penting dalam...

13 January 2014

Sering gagal menyelesaikan tulisan? Jangan...

Our Facebook