Perbuatan Pemerintah dalam Penanggulangan Covid-19 – Jamal Wiwoho dan Isharyanto

Puji syukur Alhamdulillahrobbilalamiin dipanjatkan kepada Allah  SWT/ Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan rahmatNya, sehingga penulisan buku ini dapat terselesaikan.  Buku dengan judul  Perbuatan Pemerintah Dalam Penanggulangan Covid-19 ini ditulis saat permasalahan pandemi  Covid-19 belum dapat ditaklukan di Indonesia dengan upaya apapun. Oleh karena itu, dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi, kesehatan, dan kesejahteraan, masih belum pasti  seiring bergulirnya kebijakan mengenai pembukaan kembali perekonomian dari restriksi akibat virus, dalam kondisi “new normal”.

Secara subtansial, buku ini memotret aspek hukum dan peraturan yang menjadi dasar kebijakan kesehatan masyarakat untuk memperkuat ketahanan kesehatan sebagai bagian dari ketahanan nasional, terutama mengingat pandemi merupakan ancaman global dan kesiapan masyarakat untuk menghadapi ditentukan oleh ketahanan kesehatan. Buku ini juga mendeskripsikan perbuatan pemerintah Indonesia dalam melakukan pengendalian Covid-19. Argumen utama berpijak kepada tuntutan kehadiran negara dengan wajah pemerintahan yang kuat yang bertindak secara efektif dalam masa krisis. Hal ini sesuai dengan doktrin negara kesejahteraan (Walfare State) yang memberikan porsi besar lahirnya perbuatan pemerintahan. Aspek hukum dan kebijakan publik mendominasi dalam kerangka penulisan buku ini. Paparan dilengkapi dengan studi perbandingan kebijakan di kawasan regional maupun global untuk memberikan gambaran pola-pola perbuatan pemerintahan yang relevan.

Kehadiran buku ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan Kementerian, karenanya penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional yang sudah memfasilitasi penelitian dan kemudian menghasilkan luaran buku ini.

Pada akhirnya, tiada kesempurnaan hakiki kecuali kesempurnaan Allah SWT. Semoga buku ini dapat memberi manfaat bagi semua kalangan, khususnya bagi pengembangan kajian hukum di Indonesia. Dan semoga permasalahan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan teratasi dengan upaya serta perbuatan pemerintah yang tepat dan akurat.

Surakarta,      2021

Penulis

 

Link Pilihan:

 

Artikel Terbaru

13 February 2021

Cara membuat ebook dari Ms Word Doc sangatlah...

03 February 2021

Untuk mengetahui pentingnya membangun personal...

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?