Pelajaran Kealwashliyahan Kelas VII sd XII – Ridwan Tanjung

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat, kurnia, dan hidayah serta memberkahi kita kesehatan sehingga kita tetap dalam iman Islam, mampu lebih kuat beribadah kepada-Nya. Shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw yang telah membawa syari’at Islam bagi umat manusia, dan semoga kita tergolong orang yang mendapat safaatnya. aamiin.

Saat ini pendidikan Al Washliyah semakin berkembang, sekolah/madrasah Al Washliyah sudah tersebar di berbagai provinsi, tetapi kita menghadapi kenyataan bahwa belum ada buku pelajaran Kealwashliyahan yang seragam diajarkan di berbagai Sekolah/Madrasah tersebut. Buku pelajaran Kealwashliyahan yang diajarkan selama ini ada yang pernah digagas oleh Majelis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dan ada pula bahan ajar Kealwashliyahan yang disusun menurut kebijakan Kepala Sekolah/Madrasah ataupun Guru/Ustaz yang dipercaya memberikan pelajaran tentang Kealwasliyahan. Sumber-sumber dan referensi yang digunakan bisa bervariasi, yang dijadikan bahan ajar maupun buku pegangan guru. Kreativitas, bahkan subyektivitas Guru/Ustaz bisa menentukan substansi, materi bahan ajar tersebut. Sehingga tidak jarang informasi tentang Al Washliyah yang diperoleh peserta didik di satu Sekolah/Madrasah bisa berbeda dengan yang diterima peserta didik di Sekolah/Madrasah lain.

Menyadari kenyataan inilah, maka Majelis Pendidikan Pengurus Besar Al Washliyah menggagas penyusunan buku pelajaran Kealwasliyahan untuk digunakan/diajarkan secara seragam di semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Al Qismul ‘Aly/Mualimin Al Washliyah.

Buku yang ada di tangan pembaca ini telah disusun melalui beberapa tahapan dan proses yang memakan waktu yang cukup lama. Prosesnya dimulai dari melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) atau Diskusi Terpumpun tanggal 19-20 Januari 2020 di Medan, kemudian koordinasi penulisan, dan penelaahan. Isi buku ini disajikan mengacu kepada kompetensi dasar kurikulum Al Washliyah.

Tidak bisa diingkari buku inipun agak terlambat penyelesaiannya dan juga substansinya belumlah begitu sempurna, karena keterbatasan gerak, minimnya waktu berdiskusi Majelis Pendidikan PB. Al Washliyah dengan penyusun, narasumber dan penelaah akibat adanya larangan berkumpul (rapat-rapat, pertemuan, berkumpul) dampak wabah Covid 19. Terbitnya buku ini, sekaligus menjadi edisi revisi dari buku-buku Kealwashliyahan yang pernah ada.

Pengurus Majelis Pendidikan PB. Al Washliyah mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PB. Al Washliyah, penyusun, narasumber, penelaah yang memberikan perhatian dan ilmu yang dimiliki sehingga terbitnya buku Kealwashliyahan ini.

Hiduplah Washliyah Zaman Berzaman

Penulis

Artikel Terbaru

13 February 2021

Cara membuat ebook dari Ms Word Doc sangatlah...

03 February 2021

Untuk mengetahui pentingnya membangun personal...

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?