Mengompos di Rumah itu Mudah – DK Wardhani

Dulu waktu sekolah, sering kali merasa malas saat harus mengerjakan tugas. Apalagi kalau kita tidak mengerti pelajarannya. Begitu juga dengan mengompos. Mengompos sebenarnya bukan hal baru, tapi ternyata banyak orang yang tak benar-benar paham dengan prosesnya, sehingga menjadi malas untuk mempraktekkannya.

Saat ini, mengompos seharusnya sudah menjadi habit, layaknya ‘buang sampah pada tempatnya’, namun kenyataannya tidak begitu. Anggapan bahwa mengompos itu sulit, bau dan kotor, membuat kesan mengompos itu merepotkan. Yakin dekimikian?

Sebenarnya, sudah banyak yang tahu bahwa mengompos itu memiliki banyak manfaat. Selain merupakan bentuk tanggungjawab terhadap sampah organik dan menghasilkan pupuk atau tanah kaya nutrisi, proses pembusukan sisa konsumsi dengan bantuan microbacteria dan udara ini, menyempurnakan lingkaran kehidupan seperti yang tersirat di dalam Al Quran. Begitupun manusia, yang harus dikuburkan ketika saatnya telah tiba.

Buku ini akan menjadi layaknya teman akrab yang setia memberi solusi di saat hati sedang galau. Keraguan teman-teman untuk mengompos, akan terkikis seiring dengan melahap lembaran-lembarannya. Mengompos itu Mudah, akan mendampingi petualangan anda dalam mengompos.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa teknik mengompos yang berbeda. Lalu, setelah itu tentukan mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Kalau gagal?

 

Itu bukan kegagalan yang harus membuat Anda berputus asa dalam mengompos, itu hanya bukti bahwa Anda telah berproses.

  1. Wardhani kembali melahirkan sebuah buku edukasi sebagai bukti kepeduliannya terhadap awareness masyarakat mengenai pengolahan sisa konsumsi. Tak hanya membangkitkan kesadaran tentang lingkungan, Mbak Dini juga menjadi kakak asuh bagi para newbie seperti saya. Beliau akan mendampingi kita melalui buku ini.

Don’t keep your skeleton in your closet, COMPOST it!

Praktisi Rumah Minim Sampah
Lisa Namuri
Private Instructor dan Halal Chef,
Spokes persons Wardah

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai penulis,...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

08 June 2020

*** Sabrina Febrianti, masih duduk di bangku...

29 April 2020

Halaman sebelumnya di: 10 Penulis Buku Indie...

28 April 2020

Bisakah penulis buku lewat penerbit indie sukses...

Our Facebook