Mencari Solusi di Tengah Pandemi – Pupuk Kaltim

Tak ada yang menyangkal pandemi covid 19 ini sudah mengkawatirkan, baik dari sisi ekonomi dan sosial. Semua bidang terpengaruh pandemi ini. Begitu juga industri secara umum.

Industri pupuk tentunya berpengaruh. Alhamdulillah meski dengan segala daya upaya, Pupuk Kaltim masih bisa meraih laba dalam masa pandemi yang sudah melanda lebih dari dua tahun. Perusahaan tentunya mengantisipasi dengan ada pandemi dengan beberapa regulasi baru. Yang utama adalah terbentuknya Tim Crisis Center Covid 19 dan protokol kesehatan untuk menghadapi pandemi. Bagaimanapun juga perusahaan harus tetap berjalan, pemasaran harus berlangsung di tengah kesulitan teknis proses bisnis perusahaan. Terutama untuk segala ruang gerak karyawan yang perlu dibatasi untuk mencegah pandemi makin meluas. Karyawan makin akrab dengan istilah WFH, WFO, isoman, tracing, safe house, PCR, rapid test, test anti gen.

Untuk mendokumentasikan segala kesibukan karyawan dalam menghadapi pandemi ini maka perusahaan mengadakan semacam kompetisi menulis pengalaman atau opini dalam menghadapi pandemi. Tulisan ini supaya terdokumentasi dengan baik, dari tacid knowledge menjadi explicit knowledge dan dapat menjadi pelajaran pada generasi yang akan datang saat pandemi ini menjadi kenangan.

Program ini bermula dari ide Eksekutif Senior Vice President yang juga pernah menjadi Ketua Tim Crisis Center Covid 19 PKT pada periode awal sampai Agustus 2020, Meizar Effendi yang peduli pada literasi perusahaan. Lalu ditindaklanjuti oleh Sunaryo Broto, yang pernah menjadi stafnya dan selama ini berkecipung dalam literasi perusahaan dan menulis buku-buku serial knowledge manajemen perusahaan. Perusahaan mengadakan lomba menulis esai dengan thema dealing with new normal untuk mendokumentasi pengalaman mengatasi pandemi Covid 19. Ada 31 esai yang merespon program perusahaan dan harus dipilih 25 terbaik untuk yang dibukukan. Ada 3 juara dan 5 juara harapan. Selebihnya tulisan yang layak untuk dibukukan. Tentunya perlu parameter dan juri untuk memilihnya. Parameter yang utama adalah sesuai thema dan menariknya ide atau pengalamanya. Selebihnya ketrampilan menulis, kaidah bahasa, gaya bahasa, diksi dan kesalahan ketik menjadi rangkaian keseluruhan sehingga tulisan enak dinikmati. Sebagai juri untuk memilih adalah Sunaryo Broto, dan Irma Safni yang sudah beberapa kali menjadi juri menulis di perusahaan. Ditambah wakil dari Tim Crisis Center Covid 19 PKT, Hery Subagyo, GM Teknologi yang sudah berpengalaman dalam keterlibatan tim Crisis Center Covid 19 dan upaya pencegahan.

Inilah sebagian judul tulisan sekaligus pengarangnya dalam buku ini pada 3 juara dan 5 juara harapan. Sebagai juara berturut-turut, Pagi Ini di Suatu Pandemi oleh Oky Vandhaka, Membangun Rasa Optimisme Menghadapi Wabah Covid-19 oleh Kasthalani, Sehat Itu Mahal, Selaksa A3 Hadir di lingkungan PKT Dalam Menangani Pandemi Covid 19 oleh Nilawati. Juara harapan berturut-turut, Sebuah Langkah Menyegerakan Menyelamatkan Generasi Bangsa oleh Nieko Haryo Pradhito, PKT Pro Active Covid-19 Butuh Sinergi Semua Pihak Karena Future Is Ours oleh Aan Fajar Purnama, Keeping Up With Pandemic oleh Renddy Aditya Saputra, Pandemi Belum Gugur, Bumi Tetap Bersyukur Oleh Muhammad Asnan, Musim Semi yang Hilang, Dealing with A New Normal Oleh Latifah

Seleksi dari lomba menulis hanya salah satu proses supaya literasi menjadi kebiasaan di perusahaan. Kebiasaan mencatat dan menulis peristiwa bisa diterapkan dalam aktivitas pekerjaan di perusahaan. Dokumentasi tulisan ini bisa menjadi pengingat dan tidak akan hilang ditelan waktu. Bisa dinikmati karyawan lainnya terutama generasi berikutnya. Terima kasih pada berbagai pihak yang telah membantu dalam penerbitan ini. Mohon maaf pada kesalahan yang ada dan bila ada masukkan silakan menghubungi kami. Selebihnya silakan menikmati sajian ini. Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 3 Agustus 2021

Sunaryo Broto

Editor

 

Link Pilihan:

 

Artikel Terbaru

13 February 2021

Cara membuat ebook dari Ms Word Doc sangatlah...

03 February 2021

Untuk mengetahui pentingnya membangun personal...

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?