Manajemen Organisasi: Penjelasan Ringkas 40 Konsep Dasar – Robiansyah dan M. Amin Kadafi

Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah swt atas segala anugerah dan karunia-Nya jugalah buku ini bisa terselesaikan. Buku sengaja disusun untuk memenuhi kebutuhan mendasar mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Manajemen di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Salah satu kendala yang banyak kami temui di mahasiswa yaitu keterbatasan mengakses dan memahami referensi dasar manajemen yang hampir semua referensi utamanya ditulis dalam bahasa asing dan banyak sekali konsep-konsep yang mesti dikuasai.

Maka kami mencoba membuat format buku ini dalam bentuk yang sederhana. Buku memiliki struktur yang agak berbeda dengan buku-buku lain yang sejenis. Kami mengawalinya dengan mengutip kalimat aslinya di buku teks berbahasa Inggris dengan harapan mahasiswa mendapatkan pemahaman yang langsung dari sumber aslinya.

Kemudian kami terjemahkan konsep tersebut dalam bahasa Indonesia. Tentu saja dengan beberapa penyesuaian kalimat agar mudah dipahami. Lalu kami coba berikan penjelasan ringkas mengenai konsep tersebut dengan mengutip penjelasan di buku teks ataupun perincian yang kami berikan sendiri sehingga memudahkan bagi pembaca atau mahasiswa.

Selain itu, kami menambahkan juga gambar yang menjelaskan konsep atau penjelasan dari konsep tersebut. Penggunaaan gambar ini kami cantumkan di semua konsep yang ada di dalam buku ini. Sebagaimana kata orang bijak, satu gambar lebih bermakna ketimbang seribu kata-kata.

Kalau boleh dikatakan buku ini sebenarnya merupakan ringkasan dari buku-buku teks dasar manajemen dengan diberi sedikit penjelasan dan gambar yang memudahkan pembaca untuk memahaminya. Adapun sumber utama penulisannya kami hanya menggunakan 3 buku referensi yang sudah banyak digunakan secara luas oleh mahasiswa jurusan manajemen yang kami lampirkan dalam daftar pustaka.

Buku ini kami bagi menjadi lima bagian yaitu: bagian pertama Manajemen, Manajer, dan Organisasi; bagian kedua Pengambilan Keputusan dan Perencanaan; bagian ketiga Pengorganisasin; bagian keempat Pemberian Pengaruh; dan bagian kelima Pengawasan. Secara keseluruhan ada 40 konsep yang kami bahas dan tersebar pada lima bagian buku ini.

Sengaja kami hanya membatasi 40 konsep saja dalam buku ini. Harapannya mudah diingat dan dipahami sebagai bekal awal mahasiswa memahami konsep-konsep manajemen yang lain. Beberapa konsep penting seperti teori-teori klasik dan kontemporer dalam tema motivasi dan kepemimpinan tidak kami masukkan dalam buku ini. Semoga ini bisa dibahas dalam buku berikutnya mengenai Perilaku Organisasi.

Pada dasarnya tiada gading yang tak retak. Itulah pepatah lama yang jadi pegangan kami. Sudah barang tentu banyak  kekurangan dan keterbatasan dalam buku ini. Kami mengharapkan sumbang saran dan masukan serta kritik demi penyempurnaan buku di kemudian hari. Kami berharap semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dan juga menjadi tabungan pahala jariyah buat penulisnya.

Samarinda, 17 Agustus 2021

 

Robiansyah dan M. Amin Kadafi

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

13 February 2021

Cara membuat ebook dari Ms Word Doc sangatlah...

03 February 2021

Untuk mengetahui pentingnya membangun personal...

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?