Konflik Sosial: Masalah dan Solusi – Chandra Suwondo, dkk

Konflik sosial sangat berpotensi memecahkan suatu negara. Pada berbagai negara di dunia, konflik sosial yang terjadi menghancurkan negaranya sendiri, seperti Uni Soviet yang terpecah menjadi 15 Negara, Yugoslavia yang terpecah menjadi 6 Negara, serta perang saudara yang berkelanjutan di Afghanistan, Yaman, Siria, dan negara-negara lainnya. Konflik sosial menghancurkan negara secara berkepanjangan. Negara yang mengalami konflik sosial, rakyatnya hidup dalam kemiskinan,  tidak aman, dan tidak nyaman.

Kemajemukan di Indonesia sangat rentan dan berpotensi untuk konflik sosial antara Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan. Untuk menangani konflik sosial tersebut, perlu strategi serta pendekatan yang efektif dan efisien secara berkelanjutan. 

Buku ini meninjau masalah Konflik Sosial yang sering terjadi di dunia dan di Indonesia, hal-hal yang rentan memicu Konflik Sosial, Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan seperti ucapan kebencian lewat ucapan (ucapan langsung atau lewat media internet) atau tindakan secara fisik, yang memprovokasi kebencian.

Untuk mencegah konflik sosial di Indonesia, perlu solusi berkelanjutan untuk “Pengamalan Pancasila Dalam Tindakan untuk Menangani Konflik Sosial”, “Keterlibatan Para Tokoh Membawa Kesejukan, Kedamaian, dan Sikap Toleransi”, “Peninjauan Undang-Undang, Peraturan, dan Ketentuan yang Mudah Memicu Konflik Sosial”, serta “Tindakan Hukum yang Tegas dan Berkeadilan”.

Buku “Konflik Sosial – Masalah dan Solusi” ini, diharapkan dapat membantu kalangan akademisi maupun awam, sebagai dasar untuk memahami dan menerapkan dalam aplikasi kehidupan sehari-hari, untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan. Buku ini disajikan secara sederhana, ringkas, dan praktis, agar para pembaca mudah memahaminya.

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai penulis,...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

08 June 2020

*** Sabrina Febrianti, masih duduk di bangku...

29 April 2020

Halaman sebelumnya di: 10 Penulis Buku Indie...

28 April 2020

Bisakah penulis buku lewat penerbit indie sukses...

Our Facebook