Keselamatan dan Kesehatan Kerja – Kusumo Dradjad Sutjahjo

Kusumo Drajad Sutjahjo, lahir di Semarang. Menyelesaikan jenjang S2 Pasca Sarjana di Universitas Indoesia pada tahun 2015. Sejak muda telah berkecimpung dibidang konstruksi, mulai dari pekerjaan memborong bangunan dan pernah bekerja di berbagai kontraktor swasta dan BUMN.

Awal mengajar di Politeknik Universitas Indonesia dimulai dengan mengikuti pendidikan Polytechnic Education Development Centre (PEDC) sebagai instruktur dan pernah sebagai Kepala Workshop Teknik Sipil sejak tahun 1982 sampai tahun 1995. Pada tahun 1996 sampai pada tahun tahun 1999 menjadi Ketua Program Pendidikan Aplikasi (PAP) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Tahun 2003 sampai 2005 sebagai Ketua Jurusan Teknik Sipil di PNJ sekaligus sebagai Ketua Tim Pembukaan Program Diploma IV Program Studi Jalan Tol bekerjasama dengan almarhum Bapak Ir. Syarifuddin Alambai masa itu sebagai Direktur PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Pada tahun 2016 mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PNJ dan sekaligus sebagai Ketua LSP PNJ yang Pertama. Sampai saat ini masih menjadi Dosen di Jurusan Teknik Sipil PNJ dengan pangkat sebagai Lektor Kepala, golongan IV/a, mengajar mata kuliah K3, PTM-Alat Berat, dan Project Work.

Ketertarikannya di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diawali mengikuti pelatihan kompetensi Ahli Muda Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi pada tahun 2006. Bergabung dengan Asosisasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4-Indonesia) sejak tahun 2008.

Jabatan kepengurusan di A2K4-Indonesia diawali dari anggota, Ketua Bidang Kerja Sama pada perioda tahun 2012 sd. 2016, dan pada perioda 2016 sd. 2020 menjabat sebagai Sekretaris Jendral A2K4-Indonesia. Pada tahun 2016 mendirikan LSPK3 Konstruksi dan sampai saat ini sebagai Manajer Sertifikasi. Berbagai jenis pelatihan kompetensi teknis K3 diikuti antara lain: Pelatihan Ahli K3 Konstruksi, Pelatihan Ahli K3 Umum, Pelatihan Auditor SMK3, Pelatihan Asesor Kompetensi LPJK dan BNSP, TOT Instruktur K3, sea survival training, HIRADC-JSA dan pelatihan ISO 14001: 2015 & OHSAS 18001. Disamping itu penulis aktif dalam berbagai seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tingkat nasional dan international, baik sebagai pembicara maupun peserta yang telah banyak diikuti.

Bersama-sama kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian PUPR, ESDM, PJK3, BUMN dan Swasta: melakukan Pembinaan dan Uji Kompetensi, Bimbingan Teknis (BINTEK) sebagai Narasumber , penyusunan SKKNI, Audit SMK3 Infrastruktur dan standar lainnya, maupun Pedoman Teknis. Adapun Kompetensi dan Profesi selain sebagai Dosen yang di raih antara lain: Ahli Utama Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi, Ahli K3 Umum, Senior Lead Auditor SMK3, Instruktur SMK3.

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

10 January 2014

Cloth Diaper (Clodi) atau popok kain modern saat...

13 January 2014

menulis biografi adalah menulis sejarah hidup. Ia...

13 January 2014

Promo murah adalah faktor penting dalam...

13 January 2014

Sering gagal menyelesaikan tulisan? Jangan...

Our Facebook