Geometrik Jalan Tol (Buku Ajar) – Eko Wiyono & A’isyah Salimah

Buku ajar ini disiapkan bagi mahasiswa program studi Perancangan Jalan dan Jembatan konsentrasi Jalan Tol pada mata kuliah Geometrik Jalan Tol. Aspek geometrik jalan tol bagi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan perlu dipahami secara mendalam. Dengan memahami prinsip-prinsip geometrik jalan tol, diharapkan mahasiswa dapat menghitung dan merencanakan jarak pandangan, alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal, potongan melintang jalan tol, jalan penghubung, simpang susun, tempat istirahat dan tempat pelayanan, pelataran dan gerbang tol, rambu dan marka jalan.

Pada dasarnya penetapan geometrik jalan tol dalam perencanaan teknis di lapangan sesuai gambar desain teknis yang telah disiapkan dengan seksama, akan merupakan kegiatan yang sangat penting karena akan berdampak pada kemampuan jalan tol mengakomodasi kepentingan pengguna jalan (aman, nyaman, cepat, selamat). Oleh karena itu, mahasiswa harus memahami bahwa perencanaan geometrik jalan tol merupakan komponen dari perencanaan jalan yang harus disiapkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek jauh ke depan.

Buku ajar ini disusun berdasarkan Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No. 007/BM/2009 Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen  Pekerjaan  Umum.

Demikian mudah-mudahan buku ini dapat dimanfaatkan oleh para pembaca khususnya mahasiswa. Kritik dan saran dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan buku ajar akan penyusun pertimbangkan.

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

10 January 2014

Cloth Diaper (Clodi) atau popok kain modern saat...

13 January 2014

menulis biografi adalah menulis sejarah hidup. Ia...

13 January 2014

Promo murah adalah faktor penting dalam...

13 January 2014

Sering gagal menyelesaikan tulisan? Jangan...

Our Facebook