Dari Operasi, SDM, ke Korporasi – Agus Subekti dan Sunaryo Broto – Pupuk Kaltim

Bermula dari Menulis Makalah

Berangkat dari kesukaan saya menuliskan pengalaman pada beberapa makalah dan disharing pada ke publik maka saya terbiasa membuat makalah pengalaman bekerja dari operasi pabrik, SDM sampai manajemen. Tak terasa makalah tersebut sudah banyak dan beberapa dijadikan bagian dari beberapa proceeding suatu Seminar Nasional ilmiah, seperti Proceeding Seminar Teknik Kimia ITB, Undip, UPN Yogyakarta, ITS, UPN Surabaya, UMS Surakarta, UMM Malang.  Juga dalam proceeding Seminar Internasional antara lain American Institute Chemical Engineering (AIChE) tahun 2002 dan 2005, Proceeding Seminar International Malaya University di Malaysia. Selain itu juga ada tulisan yang dimuat dalam Jurnal International Journal Business Management Institute (IJBMI).  Saya ingin mengumpulkan semua makalah tersebut menjadi sebuah buku yang enak dibaca, mudah dibawa dan bisa dibaca di manapun, kalau diperlukan. Beberapa makalah saya yang sudah di-publish ada yang sudah dikutip oleh penulis lain sebagai referensi. Hal seperti ini yang membahagiakan saya.

Pupuk Kaltim sebagai tempat bekerja saya pertama, ada bagian program Knowledge Management (KM) pada masa berbagi pengetahuan sebelum pensiun dengan menuliskan buku yang berisi pengalaman bekerja. Ini klop sudah. Terlebih saya bertemu dengan rekan dekat satu almamater kuliah dan bekerja di Pupuk Kaltim, Sunaryo Broto, yang menjadi co writer buku serial KM. Saya langsung bersemangat mengumpulkan beberapa makalah dan foto-foto kenangan dari berbagai sumber dan mulai mengingat pengalaman bekerja dari awal sampai sekarang ini. Saya hanya bercerita dan SB –demikian saya biasanya memanggil Sunaryo Broto– yang menuliskannya. Kami berdiskusi terhadap isi buku ini. Ada yang ditambah dan dikurangi. Lalu jadilah buku ini, hasil eksplisit dari tacit knowledge saya selama bekerja.

Proses menuliskannya juga tidak mudah karena kendala kesibukan bekerja dan waktu. Dimulai dari era saya bekerja pada bidang SDM sekitar tahun 2012, lalu sempat berhenti pada tahun 2014-2017 karena saya pindah lokasi kerja di Jakarta. Dilanjutkan lagi dari jarak jauh, Jakarta-Bontang. Lalu terhenti pada masa pandemi virus corona tahun 2019-2020. Masih bisa satu dua kali dilakukan dari jarak jauh. Alhamdulillah pada pertengahan 2021 ini dapat selesai.

Proses komunikasi penulisan buku ini memakai beberapa jalur teknologi informasi. Ada yang lewat email, Short Message Service (SMS), Whatsapp (WA), Facebook (FB) dan media sosial lainnya. Atau sekali dua kali bertemu. Terakhir, kami bertemu secara khusus di Solo, untuk finishing tulisan dan, alhamdulillah, buku ini akhirnya dapat diselesaikan.

Mungkin tidak bisa sempurna karena transfer dari tacit ke eksplisit knowledge memang tidak bisa sempurna 100% tetapi paling tidak sudah bisa menggambarkan pengalaman bekerja selama ini. Semoga buku ini bermanfaat. Kalau ada masukan terhadap buku ini silakan dikomunikasikan.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak atas dukungan dan kerjasamanya sehingga buku ini bisa diterbitkan, kepada Pak Qomarruzaman Direktur Keuangan dan Umum PKT, Ibu Endang Murtiningsih SVP SDM, Ibu Vina VP Inovasi & Pengembangan Manajemen PKT, dan Pak Winardi Komisaris Utama PT PIE dan Pak Sunaryo Broto sebagai Co-Writer.

Semoga Allah Swt senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan serta kemudahan kepada kita semua dalam pengabdian, khususnya di Pupuk Kaltim ini atau secara umum di Pupuk Indonesia group agar Perusahaan yang kita cintai ini dapat semakin tumbuh dan berkembang lebih maju lagi. Aamiiin.

Solo, 6 Juni 2021

 Agus Subekti

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

13 February 2021

Cara membuat ebook dari Ms Word Doc sangatlah...

03 February 2021

Untuk mengetahui pentingnya membangun personal...

18 January 2021

Cara mudah koreksi kesalahan kata (typo dan kata...

13 January 2021

Cara-cara memasarkan buku melalui internet yang...

12 January 2021

Perlu diketahui bahwa keuntungan bagi yang hobi...

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?