CATATAN RINGAN: BELAJAR DI AMERIKA SERIKAT – AHMAD FUAD AFDHAL

Ketika kembali ke Indonesia setelah selama tiga tahun sepuluh bulan belajar di College of Pharmacy, University of Minnesota, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat tepatnya di Department of Graduate Studies in Social and Administrative Pharmacy, saya tidak punya keinginan untuk menulis buku yang merupakan pengalaman-pengalaman belajar di Amerika Serikat.Bisa dimengerti bahwa selesai kuliah, tujuan utama adalah mencari pekerjaan. Idealnya adalah mengimplementasikan ilmu-ilmu pengetahuan dari Amerika Serikat untuk di Indonesia, termasuk mengenalkan ilmu-ilmu yang belum masuk ke Indonesia.

Keinginan untuk menuliskan pengalaman-pengalaman di Amerika Serikat, khususnya selama di dua kota kembar, Minneapolis-St. Paul yang dikenal sebagai the Twin Cities, belum muncul apalagi setelah menapat pekerjaan pertama, di PT Johnson & Johnson Indonesia, kesibukan tidak bisa dihindari. Belum lagi perjalanan dinas ke luar kota, yang disebut sebagai up-country.Sebenntar ada di Medan, sesekali ke Makassar, dan agak sering ke Surabaya oleh karena penjualan produk PT Johnson & Johnson Indonesia (J&J) di Jawa Timur cukup bagus. Selain itu, saat itu pabriknya berlokasi di Pandaan, Jawa Timur.

Setelah melewati masa tiga bulan percobaan di Divisi Health Care, J&J, saya merasa mantap. Tanpa diduga teman lama saya di ITB  (Institut Teknologi Bandung), Masudi (sudah almarhum) datang ke kantor di J&J. Pembicaraan hangat dan membahas berbagai aspek. Di antaranya adalah bahwa ada keinginan rekan Masudi untuk menerbitkan kembali majalah SCIENTIAE, Sainsa dan Teknlogi. Awalnya majalah yang diterbitkan oleh tiga himpunan mahasiswa di ITB,  Himpunan Mahasiswa Farmasi Ars Praeparandi, Himpunan Mahasiswa Kimia Amisca, dan Himpunan Mahasiswa Biologi, Nymphea pada 1969. Belakangan menjadi Unit Aktifitas di lingkungan KM ITB (Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandug). Selama saya di Amerika Serikat, September 1979- Juli 1983, saya  tidak pernah ada kontak dengan rekan Masudi yang terakhir adalah Pemimpin Umum majalah SCIENTIAE Sains dan Teknologi. Singkat cerita, rekan Masudi berkeinginan untuk menerbitkan kembali SCIENTIAE. Dia meminta saya menjadi Pemimpin Redaksi. Ketika saya menanyakan soal dana, dia menjawab bahwa SCIENTIAE akan diterbitkan kembali dengan harian SINAR HARAPAN, sebagai penyandang dana. Saya setuju tawaran rekan Masudi.

Untuk itu, setiap malam setelah pulang kerja di J&J yang saat itu lokasinya di Wisma Antara jalan Merdeka Selatan, usai shalat Maghrib saya menuku kantor SCIENTIAE yang numpang di kantor harian Sinar Harapan di jalan Gajah Mada. Setelah satu bulan, kantornya yang merupakan ruko milik harian Sinar Harapan di jalan Jatienegara Barat. Kesibukan semakin meningkat. Namun karena pekerjaan di SCIANTIAE adalah tulis menulis selain wawancara, ini menyebabkan munculnya keinginan menulis pengalaman-pengalaman belajar di Amerika Serikat.

Setelah kontemplasi, merenung, dan terkadang melamun, keinginan berbagi pengalaman belajar di Amerika Serikat muncul. Akhirnya saya menetapkan judul buku itu adalah Catatan Ringan Belajar di Amerika Serikat.Buku tersebut sejak awal dirancang bukan untuk menceritakan prosedur mendaftar kuliah di Amerika Serikat. Juga bukan tentang sistem perkuliahan di Amerika Serikat.

Buku yang saat itu hanya gagasan, lebih merupakan cerita ringan, feature, dan anekdot selama di Amerikat umumnya, dan khususnya kota yang sebelumnya belum pernah saya dengar sampai dengan 1977 ketika bertemu dengan Albert I Wetheimer, Ph.D, MBA, Professor yang Director of Graduate Studies in Social and Administrative Pharmacy, College of Pharmacy, University of Minnesota pada 1977 ketika menghadiri Kongres Tahunan IPSF (International Pharmaceutical Students Federation) di kota Mexico City, Mexico.

Keinginan tetap keinginan, namun waktu saya hampir tidak ada  waktu untuk menulis pengalaman-pengalaman tersebut. Jadi keinginan tersebut disimpan dulu. Hambatan lain adalah saya adalah orang yang malas menulis catatan kecil selama saya di Amerika Serikat. Suatu saat ketemu teman-teman lama semasa mengasuh SCIENTIAE di kampus ITB, Erlangga Ibrahim dan Gusti Bagia Mulyadi. Dari beberapa pertemuan sambil minum kopi, akhirnya saya sadar bahwa saya harus segera menulis pengalaman-pengalaman belajar di Amerika Serikat.Kalau saya menunda, boleh jadi sudah banyak lupa. Juga kebetulan masih sehat. Walaupun tidak ada catatan-catatan sama sekali, dengan daya ingat saya yang alhamdulillah bagus, saya mulai dengan judul-judul yang utama dan menarik dari buku tersebut. Secara perlahan, akhirnya mengalir saja saya menulis.

Setelah sekian tahun akhirnya jadi juga rancangan buku tersebut diterbitkan. Mengapa begitu lama?Tidak lain karena tidak ada target kapan buku akan diterbitkan. Lagi pula ,menulisnya kalau ada waktu, kalau sedang senggang, dan ketika hati sedang senang. Alasan utama adalah karena buku Catatan Ringan Belajar diAmerika Serikat, memerlukan waktu untuk melakukan kontemplasi terutama untuk mengingat hal-hal yang rinci.  Yang diutamakan adalah buku-buku kategori text-book dalam Farmasi Sosial, Farmakoekonomi, Metode Penelitian, dan Statistik. Juga yang didahulukan adalah buku-buku Motivasi dan Kepemimpinan, Public Relations, Bisnis, Manajemen, dan Sepakbola.Buku ini merupakan karya yang kelimabelas, tanpa menghitung cetakan ulang untuk beberapa buku.

Satu hal yang dinikmati adalah satu tulisan selesai. Ada perasaan yang puas.Sebagai artikel pertama,diberi judul Meninggalkan Jakarta menuju Minneapolis.Ini merupakan artikel yang khusus, karena mengingat kembali kejadian yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Dengan penuh tantangan, perjuangan, dan kesabaran akhirnya saya meninggalkan Jakarta. Tulisan ini penuh dengan nostalgia. Apalagi meninggalkan ayah dan ibu (sekarang sudah meninggal dunia), dan adik-adik (satu telah mendahului), jelas bukan sesuatu yang mudah.

Namun tekad untuk melanjutkan kuliah dan menimba ilmu pengetahuan yang mutakhir apalagi adanya rezeki berupa beasiswa telah memotivasi saya dengan berat hati meninggalkan tanah air. Rezeki dari Allah SWT berupa beasiswa  untuk memperoleh gelas M.S dari Universitas Minnesota, belakangan meneruskan untuk memperoleh gelar Ph.D harus diakui merupakan sesuatu yang sangat bernilai dalam kehidupan saya. Albert I Wertheimer, Ph.D, MBA, saya diberi jalan untuk berusaha mengubah jalan hidup saya di masa depan. Saya sendiri tidak tahu tentang pendidikan di Amerika Serikat, namun tantangan yang tidak mudah saya terima dengan ikhlas.

Tantangan lain dalam menulis buku ini adalah karena saya tidak memiliki foto-foto selama kuliah di Amerika Serikat. Hambatannya adalah saya hanya punya KODAK Instamatic, kamera saku dan tidak tahan lama. Alhasil, tidak ada dokumentasi. Untuk itu saya meminta bantuan dari para sahabat saya, Abraham G. Hartzema,yang guru besar dari University of Florida at  Gainsville, AmerikaSerikat dan Tommy Westerlund, Ph.D dari Universitas Lund, Swedia.

Juga ada foto-foto dari Information Book College of Pharmacy, University of Minnesota. Satu halyang menarik adalah ketika saya menerima Leadership Award for Internationals dari University of Minnesota yang diserahkan dari President of University of Minnesota.pada 2011, saya melakukan napak tilas ke beberapa tempat di kota Minneapolis khususnya kampus, tempat saya tinggal, dan warteg ala Amerika Serikat di Dinky Town.

Dalam kunjungan napak tilas, saya ditemani Nutty, isteri, dan Fani, anak yang kedua. Foto-foto tersebut semuanya akan memberikan daya tarik tersendiri.

Akhirnya, buku ini berhasil diterbitkan dibantu  oleh staf saya, Wahyudi Ribowo dari PT Awal Fajar Adicita Mandiri AFA COM dan staf saya,  Pandu Dwinarsa dari PT Stratos Fortuna Idea. Kerja keras kedua staf saya tersebut dalam mengkordinasikan semua anggota tim telah mernghasilan sesuatu yang bernilai. Kerja sama yang serasi, penuh semangat dan motivasi tinggi dengan tim dari Center for Socio-Economic Studies sebagai unit yang menerbitkan buku telah menghasilkan buku sesuai rancangan.

Dukungan, dorongan, dan semangat yang diberikan oleh keluarga saya, Nutty isteri, anak-anak-mantucucu terdiri dari Tissa-Levi-Kai, Fani-Jagad-Athar, Canu-Sita-Zara telah saya mampu menyelesaikan buku ini.

Buku ini diterbitkan untuk menambah khasanah buku-buku bersifat feature yang bernuansa pengalaman pribadi dengan titik berat dalam aspek pendidikan. Selamat membaca.                                                   

Cirendeu,November 2018

Ahmad Fuad Afdhal

 

Link Pilihan:

Artikel Terbaru

10 January 2014

Cloth Diaper (Clodi) atau popok kain modern saat...

13 January 2014

menulis biografi adalah menulis sejarah hidup. Ia...

13 January 2014

Promo murah adalah faktor penting dalam...

13 January 2014

Sering gagal menyelesaikan tulisan? Jangan...

Our Facebook