5 Kebiasaan Smartphone yang Merusak Produktivitas Kita

Di era digital sekarang ini, kita semakin akrab dengan ponsel, bahkan mungkin lebih dekat daripada hubungan persaudaraan. Apa yang pertama kali kita raih Ketika bangun? Mengecek ponsel? Kalian akan sangat gelisah jika bepergian sudah membawa dompet, tapi lupa membawa ponsel. Menggulir media sosial di smartphone mungkin lebih sering kalian lakukan daripada berkomunikasi dengan orang lain di dunia nyata. Benda ini selalu menempel di tangan kita.

teknologi smartphone membawa banyak sekali hal, dia seperti dunia sendiri dengan fungsinya yang sangat memudahkan manusia. Namun, kali ini kami akan menyampaikan tentang sisi lain penggunaan smartphone yang bisa merugikan, yaitu kebiasaan penggunaan ponsel yang salah, yang bisa merusak produktivitas kita.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk penggunaan smartphone yang harus kita ketahui dan tinggalkan.

 

1, Cek Ponsel begitu Bangun.

Apa hal pertama yang kita lakukan di pagi hari? Apakah menggapai ponsel, membuka notifikasi, membaca email atau pesan lain dan memeriksa media sosial sebelum akhirnya bangkit dari tempat tidur?

kita mungkin berpikir memulai hari dengan mengikuti apa yang terjadi di sekitar adalah cara yang baik. Pada kenyataannya, kita menghabiskan energi dengan memproses terlalu banyak pertanyaan di WhatsApp, notifikasi dari akun media sosial atau informasi lain.

Tanpa sadar, waktu pagi kita tersita untuk menanggapi atau menggulir ponsel, membiarkan isi ponsel tersebut mendikte tindakan kita, yang selanjutnya akan mendatangkan lebih banyak gangguan sepanjang hari.

Idealnya, kita mulai hari dengan rutinitas pagi yang lebih produktif dengan melindungi atau meningkatkan energi yang baru diperoleh. Memberdayakan diri untuk menolak gangguan dan menggunakan waktu kita dengan lebih efisien.

 

2. Menggunakan Ponsel di Tempat Tidur.

Kita tahu betapa menggoda untuk menghabiskan beberapa menit untuk menelusuri feed Twitter, menonton TikTok, atau video youtube sebelum tidur. Beberapa menit ekstra yang awalnya ingin kita habiskan di ponsel dapat dengan cepat berubah menjadi berjam-jam. Karena kita selalu bisa mencari yang menarik atau memikat.

Sebaliknya, cahaya terang dari layar ponsel membuat kta lebih sulit untuk tertidur, menyebabkan ketegangan mata, penglihatan kabur, dan sakit kepala. Ini secara signifikan mengurangi kuantitas dan kualitas tidur, yang mengarah ke tingkat energi yang lebih rendah keesokan harinya.

Jadi, jika kita ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan bangun dengan perasaan segar, sebaiknya hindari godaan untuk menggunakan ponsel tepat sebelum tidur, jauhkan ponsel dari jangkauan atau, matikan.

 

3. Mengunduh Terlalu Banyak Aplikasi.

Aplikasi yang tersedia di playstore bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. kita terpancing mengunduh dan menginstal beberapa diantaranya. namun beberapa dari mereka mungkin tidak bisa atau tidak kita digunakan pada akhirnya. Mengunduh terlalu banyak aplikasi dapat menjadi kontraproduktif.

Kita bisa kewalahan dengan semua fitur dan opsi berbeda yang tersedia. Selain itu, beberapa aplikasi mungkin juga menduplikasi fungsi aplikasi lain, yang menyebabkan lebih banyak pemberitahuan dan kebingungan yang tidak perlu.

Temukan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kita, dan tahan keinginan untuk mengunduh aplikasi lebih dari yang dibutuhkan.

 

4. Menjelajahi situs Web tanpa berpikir.

ketika kita duduk untuk melakukan pekerjaan, terkadang kita menemukan diri tanpa tujuan menelusuri media sosial atau membaca artikel, yang tidak ada hubungannya dengan apa yang seharusnya kita kerjakan. Ketika sudah berjalan berberapa waktu, kita baru tersadar, “Oh, kenapa saya hanya melakukan ini?”

kebiasaan bawah sadar ini bisa sangat merusak waktu produktivitas, sebagian karena kita tidak menyadari bahwa kita sedang melakukannya; tidak ada maksud atau tujuan. kita hanya melakukannya dengan smartphone di tangan.

Sebaiknya Beri catatan tentang apa yang akan kita lakukan di depan web, artikel atau bahan apa yang ingin kita cari. ubah kebiasaan yang “tanpa disadari” menjadi kebiasaan yang “direncanakan”.

 

Kebiasaan Smartphone Merusak Produktivitas ke5 adalah, Mengandalkan Ponsel sebagai Memori Abadi.

Ponsel dapat melakukan banyak hal. Kalian dapat mengandalkan telepon untuk tugas-tugas dasar, atau untuk menyimpan banyak data, kata sandi maupun nomor kontak, dengan tujuan untuk membebaskan beban otak. Namun, itu tidak berarti kalian harus mengembangkan ketergantungan yang berlebihan padanya.

Pernahkah kita memperhatikan bahwa, kita cenderung mudah melupakan informasi yang kita tahu dapat kita akses dengan cepat di ponsel cerdas? kita mungkin telah menjadi korban fenomena psikologis yang disebut “amnesia digital”, yang dapat merusak daya ingat dan produktivitas kita dalam jangka panjang.

Jangan pasrahkan ponsel mengingat segalanya untuk kita, cobalah melatih memori otak dengan mengingat hal-hal yang bersifat pribadi dan penting. kita akan memerlukannya jika baterai mati atau tiba-tiba ponsel rusak atau hilang.

Demikian kebiasaan penggunaan ponsel yang buruk bagi produktivitas kita. Tinggalkan cara buruk tersebut agar kita bisa menggunakan ponsel dengan penuh manfaat.

Tonton videonya di sini:

Artikel Terbaru

13 December 2023

Dalam menjalani hidup, banyak rintangan yang...

22 September 2023

Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan adalah...

27 August 2023

Kita semua tahu bahwa hidup ini penuh dengan...

05 August 2023

Apa artinya menjadi kaya? Apa pendapat kalian...

05 August 2023

Mempelajari cara menabung adalah pelajaran hidup...

31 July 2023

Bagaimana seseorang menyelesaikan sesuatu?...

31 July 2023

Berkomunikasi dengan baik terdiri dari dua...

21 July 2023

Apa arti kesabaran? Ada begitu banyak definisi...

Our Facebook

INGIN KONSULTASI?