Our Facebook
Sambutan
 Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Cover-Ekonometri
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya. Saya atas nama pribadi maupun mewakili civitas akademika Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia menyambut baik dan mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Saudara Afen Sena sebagai salah satu Dosen dilingkungan Kampus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang telah menulis buku yang berjudul EKONOMETRI Pengantar Ilmu Ekonomi. Besar harapan saya usaha ini dapat memperkaya bahan kajian di bidang ilmu ekonomi baik di lingkungan akademis maupun praktis yang berlaku umum di masyarakat,  sekarang maupun yang akan datang.
 
Kenyataan menunjukkan ada satu alasan penting yang menyebabkan perlunya manusia mempelajari ilmu ekonomi. Sepanjang hidup, kita akan selalu berpapasan dengan kebenaran ilmu ekonomi. Pengertian mengenai inflasi, pengangguran ataupun proteksionisme ekonomi suatu negara, tidak akan sepenuhnya bisa dimengerti bila kita belum menguasai ilmu ekonomi itu sendiri.
 
Pada diskusi di berbagai lingkup masyarakat, yang menjadi pokok masalah selalu terkait dengan masalah ekonomi. Dalam kehidupan sehari-hari, sering ditemui perbedaan antara teori ekonomi dan penggunaan praktisnya. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena pada dasarnya teori adalah prinsip, hukum, dalil, atau kaidah yang bersifat umum. Olehnya itu, untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian atau perlakuan-perlakuan khusus yang sesuai dengan kebutuhan.
Dengan adanya buku ini, diharapkan penyesuaian-penyesuaian atau perlakuan-perlakuan khusus yang sesuai dengan kebutuhan baik untuk kepentingan ilmu ekonomi itu sendiri maupun kepentingan yang lebih luas dapat terakomodasi melalui pendekatan teoritik yang terkemukakan dalam buku ini.
 
Dengan penulisan buku ini pula, diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khususnya para akademisi untuk mengakses dan memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar.  Saya berharap, semua pihak dapat  dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya.

Curug.  September 2013
Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Ir Yurlis Hasibuan