Our Facebook

PRAKATA

Biostatistika+1+darnah+ondeAssalamu Alaikum Wr. Wbr…
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang luar biasa banyaknya dan telah memberi kita secuil ilmuNya. Semoga ilmu yang kita peroleh bermanfaat dan menjadi berkah bagi diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Amin

Buku Biostatistika 1, untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat penulis hadirkan sebagai salah satu upaya menambah referensi bagi mahasiswa dan masyarakat yang berkecimpung pada penelitian kedokteran dan kesehatan masyarakat.  Seperti kita ketahui bersama, peranan statistika dalam setiap penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat sangat besar sehingga pengetahuan tentang dasar-dasar statistika, statistika deskriptif dan statistika inferensi mutlak diperlukan agar tidak keliru dalam mengambil kesimpulan dan keputusan.

Pada buku Biostatistika 1 ini, penulis berusaha memaparkan materi yang ada secara sederhana menggunakan bahasa yang lugas disertai contoh agar mudah dipahami pembaca. Materi pada buku Biostatistika 1 ini lebih menekankan pada pengenalan statistika, statistika deskriptif dan teori estimasi. Insya Allah pada kesempatan berikutnya penulis berencana menghadirkan buku Biostatistika 2 sebagai lanjutan dari buku Biostatistika 1. Buku Biostatistika 2 akan menekankan pada statistika inferensi, yaitu analisa bivariat baik parametrik maupun non parametrik.

Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dra. Hj. Siti Badrah, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Mulawarman dan Ibu     Hj. Masitah, SKM, MQIH selaku dekan FKM Universitas Widyagama Mahakam Samarinda atas sambutannya yang hangat disertai respon yang positif atas hadirnya buku ini. Terima kasih juga kepada Jeli Brian Andika, S. Si yang telah membantu selama proses penulisan buku ini serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua dan tentunya buku ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga saran dan kritik yang konstruktif untuk perbaikan buku ini  sangat penulis harapkan.

Wassalamu Alaikum Wr. Wbr…