Our Facebook

Manfaat Menerbitkan Buku dengan Print on Demand

Manfaat menerbitkan buku dengan print on demand antara lain:

  1. Bisa mencetak buku sesuai kebutuhan, penulis bisa mencetak buku dalam jumlah sedikit, bahkan bisa hanya satu eksemplar.
  2. Proses penerbitan relatif cepat, karena tidak membutuhkan pembuatan film, mounting, plat, dll seperti pada cetak offset. Naskah yang sudah siap (sudah layout, desain cover), tinggal prin kemudian dijilid (binding).
  3. Biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah. Ini karena buku yang diterbitkan dalam jumlah sedikit. Di Halaman Moeka: Print on Demand, penullis bisa menerbitkan dan mencetak buku hanya dengan dana 500.000 dan mendapatkan dua buku bukti terbit.
  4. Sebagai dokumentasi karya pribadi. Jika penulis punya karya tapi tidak bisa atau tidak ingin diterbitkan dalam jumlah besar, maka penulis bisa mendokumentasikan karyanya dalam sebuah buku, tapi dalam jumlah yang terbatas.
  5. Bisa dijadikan sebagai haadiah kebanggaan kepada orang lain dengan karya sendiri.
  6. Bisa dijadikan sebagai dummy untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk ditawarkan ke penerbit. Naskah yang ditawarkan kepada penerbit dalam bentuk dummy tentu akan lebih mempunyai “nilai” karena naskah sudah dalam bentuk jadi (buku), daripada menawarkan ke penerbit masih dalam naskah word. Atau, bisa juga untuk diikutkan dalam proyek pengadaan buku yang sering diadakan oleh pemerintah.
  7. Bisa dijadikan sebagai bisnis kecil-kecilan dan bahkan lumayan jika bisa memasarkannya.

Ada yang mau menambahkan? Monggo …!