Our Facebook

retorika+menerbitkan+buku+indieSyukur Alhamdulillah, penulis persembahkan kehadirat Allah SWT, atas inayah dan karunia ilmu yang dicurahkan-Nya, sehingga mampu menyelesaikan buku ini walau dengan segala keterbatasan, semoga setetes curahan ilmu ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Keahlian dalam beretorika merupakan ilmu yang tak akan bisa tergeserkan oleh ilmu apapun, karena menurut hasil survey terbaru terhadap 480 perusahaan dan organisasi publik menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi termasuk public speaking telah ditempatkan sebagai syarat utama yang harus dipenuhi para pencari kerja di semua bidang pekerjaan, termasuk para akuntan, arsitek, guru, ilmuwan dan sebagainya (Lucas: 2004: 9). Memang benar, kini teknologi komunikasi semakin berkembang pesat, tetapi tidak ada yang bisa menggeser kekuatan komunikasi lisan/beretorika. Pentingnya menguasai keterampilan berbicara sudah semakin disadari oleh banyak orang dewasa ini, namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu untuk menguasai keterampilan ini dengan baik. Dalam sebuah pelatihan terungkap bahwa 72% eksekutif mengakui pentingnya penguasaan keterampilan komunikasi tetapi mereka menyatakan presentasi sebagai salah satu aktivitas yang paling dihindari.

Buku ini sangat cocok dijadikan buku pegangan untuk matakuliah Retorika dan sejenisnya, serta bagi siapa saja yang tertarik dengan public relation. Dalam buku ini dijelaskan berkaitan dengan konsep kajian teori dan aplikasinya, kesemuanya dibahas secara detail dan koprehensif. Diharapkan setelah membaca buku ini dan mempraktekkannya, pembaca akan semakin paham tentang

retorika dan mengaplikasinya dengan baik dalam kehidupannya.
Akhir kata, buku ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat berarti bagi penulis.