Margaretha Ohyver, Anita Rahayu, Rokhana Dwi Bekti – Komputasi Statistika dengan R Software I

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan karunia sehingga buku yang berjudul Komputasi Statistika dengan R Software I dapat terselesaikan dengan baik.

Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberi pengetahuan mengenai pengolahan data dengan menggunakan software R. Selama ini banyak kalangan menggunakan software-software statistik yang user friendly. Walaupun demikian software-software tersebut secara resminya memerlukan license, yang tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Pada buku ini, kami mengenalkan software yang open source, tidak memerlukan biaya yang besar, yang benama R. Pengenalan software ini akan diberikan secara bertahap, dimana buku ini merupakan buku pertama. Terdapat  4 bab untuk buku pertama ini, yaitu, Pendahuluan, Manajemen Data di R, Statistik Deskriptif, dan Fungsi Distribusi Peluang.

Buku ini dapat kami selesaikan dengan bantuan berbagai pihak. Kepada pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, kami ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan penyertaan-Nya.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dari buku ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman kami. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

Penulis

Buku ini bisa didapatkan pesan melalui penulis Ibu Rokhana Dwi Bekti <rokhana_db@binus.ac.id>

Artikel Terbaru

19 July 2020

Kebuntuan ide atau yang sering disebut...

15 July 2020

Bahwa menulis semakin menguntungkan bukan lagi...

06 July 2020

Penulis kini menjadi profesi yang semakin...

Sumber gbr: freepick.com
01 July 2020

Untuk bisa melakukan akselerasi sebagai penulis,...

11 June 2020

Belum lama ini kita peringati Hari Buku...

08 June 2020

*** Sabrina Febrianti, masih duduk di bangku...

29 April 2020

Halaman sebelumnya di: 10 Penulis Buku Indie...

28 April 2020

Bisakah penulis buku lewat penerbit indie sukses...

Our Facebook