Our Facebook

Artikel

Di Jasa Penerbitan HalamanMoeka, pertanyaan yang kerap kami temui adalah mengenai ongkos cetak. Dan selalu, kami jelaskan, bahwa ongkos cetak tergantung pada: spesifikasi buku (jumlah halaman, ada halaman berwarna/tidak, jenis kertas yang akan digunakan, ukuran buku; spesifikasi detail sampu: apakah ada embos, atau spot UV, apakah doff atau glossy, dll) dan oplah.

Continue reading

Bagi saya, sampai saat ini, biaya cetak adalah pengeluaran terbesar dalam menerbitkan buku indie. Karenanya, perlu dipertimbangkan matang-matang mengenai jumlah eksemplar cetak buku indie: mau 3000 eks, 1000 eks, atau bahkan 100 eks.

Rumusan sederhananya:

Makin banyak oplah=Makin turunlah ongkos cetak per eksemplar=Total ongkos cetak besar.

Makin sedikit oplah=Makin tinggilah ongkos cetak per eksemplar=Total ongkos cetak kecil.

Continue reading

Menerbitkan buku indie secara keroyokan bisa dibilang susah-susah gampang.

Dari segi dana, umumnya antologi indie memang memudahkan. Karena biasanya, semua ongkos pengeluaran ditanggung patungan. Dalam salah satu buku antologi puisi indie yang pernah kami tangani, para penulis malah bersepakat menabung dulu. Untuk memastikan sistem tabungan berjalan lancar, ditunjuklah bendahara.

Continue reading

bedah bukuPromosi adalah salah satu unsur penting dalam menerbitkan buku indie. Dan salah satu bentuk promosi adalah mengadakan bedah buku. Saya pribadi berpendapat, bedah buku bukanlah hal wajib. Karena dari segi biaya, bedah buku memerlukan anggaran tersendiri.

Continue reading

Distributor adalah penghubung antara penulis self-publishing dengan toko buku besar seperti Gramedia, Gunung Agung, dll. Jadi, jika ingin buku indie Anda beredar di toko-toko buku tersebut, usai cetak, Anda mesti mengantar buku ke distributor. Dari distributor pulalah, akan Anda terima laporan penjualan buku serta pembayarannya.

Sebelum memilih distributor buku, hendaknya Anda pertimbangkanlah hal-hal berikut. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda:

  • Jangkauan distribusi: nasional atau lokal?

Ini terkait dengan oplah cetak. Distribusi buku secara nasional tentu memerlukan buku dengan oplah besar–umumnya minimal 3,000 eks. Meski ada pula distributor yang bisa mendistribusikan 1,000 eks untuk nasional–dengan catatan, waktu distribusi lebih lama.

Continue reading

poppyAwal perjalanan karirnya menerjemahkan sungguh tak terduga. Pada wawancara di sini, Poppy bertutur, tahun 2001, ia bergabung di milis Indonesia Harry Potter (IHP) di Yahoo Groups. “Saat itu beberapa orang sudah baca sampai buku keempat, beberapa orang lain baru baca buku pertama karena baru buku pertama yang sudah ada terjemahannya. Suatu ketika saya menemukan sebuah buku suplemen tentang Harry Potter yang berisi latar belakang mitos dan legenda yang dipakai J.K. Rowling untuk buku Harry Potter. Itu juga yang kami bahas di milis. Buku itu berbahasa Inggris. Ada yang meminta saya untuk menerjemahkannya dan di-share di milis. Saya berdua dengan Tia Ayudia, teman milis juga, membagi bab-bab buku itu untuk diterjemahkan. Ternyata, Ibu almarhumah Listiana Srisanti, penerjemah buku Harry Potter, dan Chief Editor Gramedia, Mbak Anastasia Mustika, mereka anggota milis juga. Begitu melihat saya menerjemahkan, mereka menawari saya untuk jadi penerjemah di Gramedia. Saya pun datang ke GPU (Gramedia Pustaka Utama) untuk tes dan lulus sebagai penerjemah bersama Tia dan Novia Stefani.”

Continue reading

Pengetahuan mengenai dunia penulisan dan perbukuan saat ini semakin terbuka. Banyak jalan bagi siapapun yang ingin belajar menulis. Saat ini, cukup banyak tersedia artikel gratis di internet mengenai tips dan triks menulis, dari menulis cerpen, artikel, novel, dan buku. Begitu… Continue reading

Anda ingin menerbitkan buku melalui kami? Berikut syarat & ketentuan jasa penerbitan HM Publishing:

  1. Naskah tidak mengandung SARA, pornografi, atau suatu ajaran yang menyesatkan berdasarkan undang-undang di Indonesia.
  2. Naskah bukan hasil plagiat atau yang melanggar hak cipta dan atau copyright… Continue reading
1 2 3 8